Selasa , 1 Desember 2020

Sejumlah Kader Dukung Gibran, Suara PDIP Terbelah?

27 Juni 2020 11:31 WIB


Gibran Rakabuming Raka dan Achmad Purnomo (Foto: Instagram-@konconegibran)

SOLO, solotrust.com - Sejumlah kader PDIP Solo menyatakan sikap dukungannya terhadap Gibran Rakabuming Raka maju dalam pemilihan wali kota (Pilwakot) Solo 2020. Pernyataan sikap tersebut dirilis Jumat (26/06/2020).

Wakil Ketua I PAC PDIP Kecamatan Banjarsari, Ariyanto Rinto Suryono mengungkapkan, sejumlah kader PDIP terdiri atas pengurus struktural PDIP, kader senior mantan pengurus DPC, pengurus departemen, pengurus anak cabang, pengurus ranting, pengurus anak ranting PDIP, dan mantan anggota fraksi DPRD Solo terang-terangan menyatakan sikap mendukung Gibran maju dalam ajang Pilwakot Solo 2020. Selain menyatakan dukungannya terhadap putra sulung Presiden RI Joko Widodo, mereka juga mengkritisi langkah politik Achmad Purnomo yang berniat mundur dalam pencalonan.



"Kami menilai, ada dinamika dan etika politik yang tidak sehat di dalam pencalonan Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa sebagai balon (bakal calon-red) wali kota dan wakil wali kota Solo oleh DPC PDIP Solo. Kami menyatakan dukungan kepada Gibran," ujarnya.

Dalam pernyataan sikap itu, lanjut Ariyanto Rinto Suryono, juga ditegaskan mereka meminta kepada DPP PDIP untuk mengklarifikasi pernyataan resmi mundurnya Achmad Purnomo sebagai balon wali kota Solo yang telah diusulkan DPC PDIP.

"Seharusnya DPC PDIP Solo tidak memaksakan kehendaknya untuk tetap mencalonkan Achmad Purnomo sebagai balon wali kota," tukasnya. 

Di lain sisi, pernyataan sikap juga menyebutkan DPP harus menunjuk balon wakil wali kota yang mendampingi Gibran adalah kader senior PDIP yang berkompeten, kredibel, responsif, loyal, serta berpengalaman dalam pemerintahan dan menguasai peta politik Kota Solo. (awa)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com