Rabu , 12 Mei 2021

COD, Pemuda Ini Dibayar Pakai Kertas Bergambar Ala Kadarnya

19 Desember 2020 21:31 WIB


Seorang pemuda melaporkan tindak penipuan yang dialaminya ke kantor kepolisian (Foto: Facebook FKPM Pelita Samarinda)

Solotrust.com - Hati-hati jika melakukan transaksi secara cash on delivery (COD). Pastikan barang dan uang yang digunakan selama transaksi benar-benar asli serta sesuai kesepakatan. Akun Facebook FKPM Pelita Samarinda pada Kamis (17/12/2020) mengunggah sebuah laporan tentang tindak penipuan saat melakukan transaksi pembelian.

Dalam kronologinya diceritakan, seorang pemuda tengah melakukan transaksi lewat handphone dengan nilai kesepakatan sebesar Rp900 ribu. Keduanya pun memutuskan bertemu dengan saling memberikan ciri-cirinya agar tak salah orang. Singkat cerita, mereka kemudian bertemu di jalan Siraj Salman Samarinda.



"Korban menyerahkan HP (handphone) ke pelaku dengan harga yang sudah disepakati Rp900 ribu. Namun, posisi pelaku tetap di atas motor yang masih hidup, lalu pelaku menyerahkan uang yang digenggam ke korban. Korban kemudian menerimanya dengan digenggam juga," tulis akun Facebook FKPM Pelita Samarinda.

Tanpa dilihat keaslian uang yang diterimanya, korban pun kemudian bergegas pergi. Namun, alangkah kagetnya korban saat mengetahui uang yang digenggamnya hanyalah sekumpulan kertas. Bahkan, kertas itu hanya digambar ala kadarnya seolah-olah mengilustrasikan dua tokoh Soekarno-Hatta layaknya pada uang asli seratus ribuan.

Menyadari telah ditipu, korban yang tidak disebutkan identitas itu kemudian melaporkan pelaku ke kantor kepolisian setempat. (dd)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com