Rabu , 12 Mei 2021

Kekayaannya Tembus Rp2603 Triliun, Elon Musk Jadi Orang Paling Tajir Dunia

08 Januari 2021 20:59 WIB


Elon Musk menjadi orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih mencapai lebih dari US$185 miliar atau sekira Rp2603 triliun (Foto: BBC/Getty Images)

Solotrust.com - Elon Musk menjadi orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih mencapai lebih dari US$185 miliar atau sekira Rp2603 triliun. Pengusaha Tesla dan SpaceX ini menggeser posisi pendiri Amazon Jeff Bezos sebagai orang paling tajir di bumi setelah harga saham Tesla naik pada Kamis (07/01/2021).

Perusahaan mobil listrik milik Musk, Tesla telah melonjak nilai sahamnya tahun ini mencapai US$700 miliar atau sekira Rp9800 triliun untuk kali pertama pada Rabu (06/01/2021). Angka fantastis ini menjadikan perusahaan mobil itu bernilai lebih dari gabungan Toyota, Volkswagen, Hyundai, GM, dan Ford.



Musk menyebut kekayaannya ini sebagian digunakan untuk membantu permasalahan lingkungan. Sementara sebagiannya lagi dimanfaatkan untuk membangun pangkalan di Mars.

"Sekitar setengah dari uang saya digunakan untuk membantu masalah di bumi, dan setengahnya untuk membantu membangun kota mandiri di Mars, untuk memastikan kelangsungan kehidupan (dari semua spesies) jika bumi terkena meteor seperti dinosaurus atau Perang Dunia III terjadi dan kita menghancurkan diri kita sendiri," tulisnya di Twitter, dikutip dari BBC, Jumat (08/01/2021).

Kehidupan sang taipan ini juga didukung politik di Amerika Serikat (AS), di mana Partai Demokrat akan memiliki kendali atas Senat dalam sesi yang akan datang.

Daniel Ives, seorang analis dari Wedbush Securities menulis, Senat Biru memiliki potensi sebagai game changer alias pengubah permainan untuk Tesla dan sektor kendaraan listrik secara keseluruhan. Dengan agenda yang lebih ramah lingkungan, nasib perusahaan Musk akan dapat diprediksi untuk beberapa tahun ke depan."

“Kredit pajak kendaraan listrik yang diharapkan akan menguntungkan Tesla, yang terus memegang kendali di pasar saat ini," lanjutnya.

Sementara itu, Jeff Bezos yang sempat memegang rekor orang terkaya dunia sejak 2017, kekayaannya juga terus meningkat selama setahun terakhir. Pandemi virus corona (Covid-19) justru membuat Amazon mendapat manfaat dari membanjirnya permintaan untuk toko online dan layanan komputasi awan.

Namun, Bezos memberikan empat persen saham dalam bisnisnya kepada sang mantan istri, MacKenzie Scott setelah keduanya bercerai. Selain itu, ancaman regulasi membuat saham Amazon tidak bisa meningkat setinggi yang diharapkan.

Fakta bahwa harga saham Tesla telah meningkat lebih dari tujuh kali lipat dalam setahun terakhir telah menjadikan kekayaan Elon Musk meroket melampaui Jeff Bezos. (and)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com