Hard News

12 Polda Segera Luncurkan Sistem Tilang Elektronik Bulan Ini

TNI / Polri

12 Maret 2021 11:31 WIB

Ilustrasi CCTV (Pixabay)

JAKARTA, solotrust.com - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono menyampaikan pihaknya akan segera menerapkan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) secara nasional di 12 Polda.

"Kami rencanakan tanggal 23 Maret akan adakan launching (peluncuran-red) sistem ETLE di 12 Polda. Penambahan ini karena masing-masing Polda ingin berlomba memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," kata Irjen Pol Istiono kepada wartawan di sela acara Rakernis Lalu Lintas, Sepong tengah pekan ini, dilansir dari Portal Berita Resmi Polri, TribrataNews, Jumat (12/03/2021).



Menurut Kakorlantas Polri, pelaksanaan peluncuran bersamaan ini dilakukan untuk penyesuaian jadwal antara pihak-pihak terkait yang berwenang dalam penerapan sistem ETLE ini.

"Penyamaan jadwal, kan di situ ada jadwal MoU (memorandum of understanding) dengan MA (Mahkamah Agung), Kejaksaan, sama Polri untuk me-match-kan (mensinkronkan-red) jadwalnya," ungkapnya.

Irjen Pol Istiono mengatakan, peresmian tilang elektronik dalam waktu dekat akan dilakukan di Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Banten, Polda Sulawesi Utara, Polda Riau, Polresta Jambi, Polresta Gresik, Polresta Batam, dan Polresta Padang.

Saat ini baru tiga Polda yang sistem tilang elektroniknya telah berjalan, di antaranya Polda Metro Jaya, Polda DIY, dan Polda Jawa Timur di mana sebagian kamera tilang elektronik sudah terpasang di jalan-jalan utama.

"Hingga akhir tahun program ETLE ini akan terus dijalankan," tukas jenderal bintang dua.

(redaksi)