Sabtu , 8 Mei 2021

Youn Yuh Jung, Nenek di Film Minari Raih Piala Oscar, Capaian Pertama untuk Aktris Korea Selatan

28 April 2021 18:57 WIB


Youn Yuh Jung, nenek di Film Minari memenangkan Piala Oscar untuk ketegori aktris pendukung terbaik (Sumber gambar: Instagram @minarimovie)

Solotrust.com -Youn Yuh Jung, pemeran nenek di film "Minari" memenangkan aktris pendukung terbaik di Academy Awards atau Piala Oscar tahun ini. Dengan ini Youn menjadi orang Korea Selatan pertama yang memenangkan kategori akting di Oscar.

Dihelat di Union Station di Los Angeles, California pada Minggu waktu setempat atau Senin (26/4/2021) waktu Indonesia, Youn menang dari sejumlah aktris lain yakni Maria Bakalova dalam film "Borat Subsequent Moviefilm", Glenn Close dalam film "Hillbilly Elegy", Olivia Colman dalam film "The Father", dan Amanda Seyfried dalam film "Mank".



Youn sekaligus menjadi aktris Asia kedua yang memenangkan kategori aktris pendukung terbaik dalam sejarah Oscar, setelah aktris Jepang Miyoshi Umeki dalam film "Sayonara" tahun 1957.

Youn yang kini berusia 73 tahun juga merupakan penerima penghargaan aktris pendukung tertua ketiga setelah Peggy Ashcroft yang berusia 77 tahun untuk "A Passage to India" pada tahun 1985 dan Josephine Hull yang berusia 74 tahun untuk "Harvey" pada tahun 1951.

"Terima kasih. Terima kasih yang luar biasa kepada anggota academy yang memilih saya. Terima kasih, keluarga 'Minari' yang luar biasa, Steven (Yeun), (Lee) Isaac (Chung), (Han) Yeri, Noel (Kate Cho) dan Alan (Kim). Kami menjadi sebuah keluarga," kata Youn dalam pidato kemenangannya, setelah pemenang aktor pendukung terbaik tahun lalu Brad Pitt memanggil namanya, sebagaimana dikabarkan Yonhap (26/4).

Youn juga mengatakan dia tidak percaya bahwa dia menerima Oscar karena dia telah menonton Academy Awards di TV selama beberapa dekade di Korea. Dia juga mengucapkan terima kasih khusus kepada sutradara Chung, yang menulis "Minari" berdasarkan kenangan masa kecilnya.

"Yang terpenting, di atas segalanya, (saya ingin berterima kasih) pada Lee Isaac Chung. Tanpa dia, saya tidak bisa berada di sini. Dia adalah kapten kami dan sutradara kami. Terima kasih yang luar biasa untukmu," katanya.

Aktris itu juga mengatakan bahwa kehormatannya adalah hasil dari "keramahan Amerika" untuk seorang aktor Korea, dan dia ingin berbagi kemuliaan yang didapatkannya ini dengan empat nominee lainnya.

"Minari" adalah film yang menggambarkan kisah keluarga imigran Korea Selatan yang pindah ke Arkansas pada tahun 1980-an dan mendirikan sebuah pertanian untuk mengejar impiannya di Amerika.

Judul "Minari" sendiri mengacu pada sayuran berair bernama minari, yang digunakan dalam banyak hidangan di Korea. Sayuran ini tangguh bertahan dimana-mana dan kuat dalam hal citarasa, sebagai metafora bagi keluarga yang berjuang dan bertahan di dunia baru untuk mewujudkan impian mereka

Dalam "Minari", Youn berperan sebagai nenek bernama Soon Ja, yang terbang ke Amerika Serikat untuk membantu keluarga putrinya, yang memulai hidup baru di pedesaan Arkansas. Dia membawa benih "minari" dan menanamnya di sana.

Sejak pertama kali ditayangkan di Sundance Film Festival tahun lalu, film ini telah meraih sejumlah kemenangan beruntun, termasuk Youn Yuh Jung yang diakui dengan berbagai penghargaan untuk aktris pendukung terbaik, seperti dari Vancouver Film Critics Circle dan Columbus Film Critics Association. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com