Ekonomi & Bisnis

Kemenparekraf Gandeng E-Commerce Kembangkan Stimulus BBI Dongkrak Omzet UMKM

Ekonomi & Bisnis

9 Oktober 2021 15:31 WIB

Tangkapan layar laman stimulus-bbi.kemenparekraf.go.id.

JAKARTA, solotrust.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggandeng sejumlah perusahaan e-commerce dalam rangka pelaksanaan Program Stimulus Bangga Buatan Indonesia (PSBBI) untuk mendongkrak omzet para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Muhammad Neil El Himam, dalam keterangannya, Kamis (07/10/2021), mengatakan program ini dilaksanakan sebagai upaya menggerakkan roda perekonomian para pelaku UMKM kreatif. Dalam hal ini dengan memanfaatkan voucher yang bisa dipergunakan di sejumlah platform e-commerce.



"Pandemi memberi dampak masif pada berbagai lapisan masyarakat, termasuk pelaku UMKM kreatif," kata dia, dikutip dari kemenparekraf.go.id.

Neil El Himam menjelaskan, program ini dilaksanakan Kemenparekraf/Baparekraf bekerja sama dengan sejumlah kementerian dan lembaga, seperti Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Kejaksaan, Polri, serta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Lewat program ini, para pelaku UMKM kreatif akan memperoleh hingga 500 voucher dengan total nilai Rp50 juta yang bisa dimanfaatkan sebagai salah satu strategi dalam mendongkrak omzet mereka yang tengah menurun.

"Melalui program ini, pelaku UMKM kreatif dalam subsektor fesyen (termasuk kosmetik dan perawatan kulit), kriya, dan kuliner mendapatkan kesempatan untuk menjual produk terbaiknya dengan harga yang relatif lebih murah pada laman toko online mereka. Para pelaku UMKM kreatif juga dapat dengan leluasa menentukan alokasi voucher pada masing-masing e-commerce sesuai dengan taktik dagang mereka," kata Neil El Himam. (Rizka)

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya