Hard News

Ganjar Pastikan Bandara JBS Tetap Beroperasi

Sosial dan Politik

26 Oktober 2021 09:28 WIB

Landasan pacu Bandara Jendral Besar Soedirman (JBS) (Foto: antaranews)

SEMARANG, solotrust.com – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo pastikan operasional Bandara Jendral Besar Soedirman (JBS) Purbalingga tetap berjalan, hanya saja terdapat kendala terkait penerapan aturan Tes PCR bagi penumpangnya.

Nggak berhenti, tadi saya udah klarifikasi ke bupatinya tidak berhenti. Problemnya ada di PCR, terus kemudian dia (pihak maskapai) melakukan semacam reschedule lagi. Saya tanya Bu Bupati 'nggak pak itu hoaks, kita masih jalan' jadi tidak benar,” papar Ganjar pada Senin (25/10).



Ganjar menjelaskan bahwa adanya kendala penerapan aturan syarat penerbangan yang mengharuskan penumpang pesawat melakukan PCR Test, namun dari pihak maskapai hanya mewajibkan swab antigen dengan alasan didalam kabin pesawat sudah menggunakan teknologi hepafilter.

“Problemnya hanya itu saja, bukan berhenti dan memang dari segi jadwal belum (dibuka),” jelas Ganjar.

Ganjar juga menyebutkan bahwa operasional bandara JBS belum dibuka secara reguler karena masih harus berhati-hati dan mengikuti aturan PPKM Level.

“Kita kan juga belum membebaskan aktivitas ekonomi termasuk transportasi, kita kan masih jaga-jaga terus,” tutur Ganjar.

Ganjar mengaku bahwa Bupati Purbalingga juga sempat menawarkan agar pariwisata bisa dibuka yang nantinya menambah jadwal penerbangan.

“Bupati tadi saya kontak udah siap, ‘kalau diijinkan pariwisata saya buka penerbangannya masuk, hayo boleh apa nggak?'. Aku dadi gubernur e yo ngko sik (ya nanti dulu, red), jangan, hati-hati kita harus menjaga itu,” ujarnya. (cahyarani)

(zend)