Hard News

Sandiaga Uno Optimistis 27 Finalis AKI Tangerang Jadi Lokomotif Lapangan Kerja

Sosial dan Politik

20 Juli 2022 01:31 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno

TANGERANG, solotrust.com – Lewat Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di Tangerang, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno optimistis ke-27 finalisnya mampu menjadi lokomotif untuk membuka lapangan pekerjaan lebih luas.

“Kami sangat optimistis dan penuh harapan bahwa 27 finalis AKI, kita bisa mengurangi pengangguran dan kita bisa mengambil peluang, sehingga pascapandemi kita bisa mencetak pemenang,” kata menparekraf, dilansir dari laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, kemenparekraf.go.id, Senin (18/07/2022).



Program AKI dihadirkan sebagai ruang aktualisasi produk ekonomi kreatif di Tangerang. Mulai dari pemasaran langsung di pusat perbelanjaan, pelatihan keuangan dengan platfrom QASIR untuk mencatat arus kas, hingga solusi pembiayaan yang sangat diperlukan untuk pengembangan usaha mereka.

“UMKM-UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) ini menjadi tulang punggung. Saya baru saja selesai berbicara dengan Managing Director IMF yang memberikan apresiasi atas kekuatan dan ketangguhan ekonomi kita,” ungkap Sandiaga Uno.

Oleh karena itu, para pelaku UMKM harus diberikan peluang dan program tepat agar terus berkembang.

Mereka adalah ujung tombak kita untuk mencetak tahun ini 1,1 juta lapangan kerja baru dan di 2024 sebanyak 4,4 juta lapangan kerja baru yang berkualitas,” katanya.

Tidak hanya AKI, Kemenparekraf memiliki program pengembangan desa wisata yang dapat menjangkau para pelaku usaha yang akan di pedesaan, termasuk juga program Kabupaten/Kota (KaTa) kreatif.

Dalam kesempatan itu pula, Sandiaga Uno menyampaikan pendapatnya mengenai Citayem Fashion Week. Menurutnya, Citayem Fashion Week ini semakin lama semakin menarik karena banyak yang bisa dikulik dan unik.

“Saya justru memberikan ruang dan peluang bagi mereka, bukan hanya menjadi tren saat liburan sekolah, tapi bisa seperti di Jepang ada Harajuku,” tuturnya.

Anak muda saat ini bisa menjadi trendsetter untuk dunia fashion Indonesia. Style anak-anak terbilang unik, misalnya dengan memakai hoodie. Hal ini bisa menjadi peluang bagus untuk dikolaborasikan dengan salah satu finalis AKI Tangerang di sini, yakni Hoodie Goodie.

“Sekarang ekonomi ini banyak tantangan, anak-anak muda memilki berbagai macam ide kreatif untuk menggerakkan dan menggeliatkan ekonomi kita. Seperti Dukuh Atas yang perekonomiannya semakin meningkat berkat adanya fenomena ini,” ujar Sandiaga Uno.

Menparekraf juga memberikan beasiswa serta tawaran kepada anak muda Citayem untuk menghasilkan konten-konten berkualitas. Dia ingin agar anak-anak ini bisa naik kelas dan suatu saat bisa mendunia, bahkan go international dengan program hasil kolaborasi berbagai pihak.

“Kita harus sama-sama bergandengan tangan memastikan bahwa solusi-solusi yang kita berikan sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat, sehingga percepatan pemulihan bisa direalisasikan,” pungkasnya.

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya