Hard News

Gibran Batal Letakan Batu Pertama Sentra IKM Mebel Gilingan Solo

Jateng & DIY

20 Juli 2022 10:15 WIB

Peletakan batu pertama Sentra IKM Gilingan dilakukan Asisten Ekonomi Pembangunan Solo, Gatot Sutanto. (Foto: Dok. Solotrust.com/dks)

SOLO, solotrust.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo melakukan ground breaking peletakan batu pertama Sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) Mebel Banjarsari. Peletakan batu pertama bangunan sedianya akan dilakukan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Namun batal lantaran bertabrakan dengan agenda lain.

Hal itu dikonfirmasi Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop-UKM) Solo Wahyu Kristina usai ground breaking Sentra IKM Gilingan, Selasa (19/7) siang.



Peletakan batu pertama dilakukan Asisten Ekonomi Pembangunan Solo, Gatot Sutanto dilanjutkan jajaran Pemkot Solo, TNI, kepolisian, dan lainnya.

"(Gibran) Ada agenda penting yang nggak bisa, itu dadakan," kata Ina —sapaan akrabnya— kepada awak pers.

Sebelum peletakan batu pertama, Senin (18/7) malam Pemkot Solo mengadakan tasyakuran dengan pementasan wayang dan penanaman kepala kerbau di area lahan Sentra IKM Mebel Gilingan.

Acara itu hanya dihadiri internal proyek dan masyarakat setempat. Ina menjelaskan, tasyakuran itu dimaksudkan untuk meneruskan tradisi leluhur.

"Semalam karena internal di sini saja, jadi hanya untuk kontraktor, masyarakat, hanya internal," jelasnya.

"Kita melanjutkan tradisi yang ada di sini, kalau saya memaknai kalau ini tradisi yang niatnya baik untuk keselamatan semua kenapa tidak kita lakukan," imbuh Ina.

Sementara itu, proyek Sentra IKM Mebel Gilingan ditarget rampung 150 hari terhitung Kamis (14/7) lalu. Proyek ini dikerjakan PT Reka Esti Utama dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2022.

Rencananya, Sentra IKM Mebel Gilingan akan ditempati 20 pedagang Pasar Mebel Gilingan yang lolos kurasi. Sisa pedagang yang tak lolos kurasi akan menempati pasar mebel baru di Eks Bong Mojo, Jebres, Solo.

Kini, pedagang Pasar Mebel Gilingan ditempatkan sementara di pasar darurat Banjarsari, Solo sebelum menempati bangunan baru.

Ina menuturkan, pedagang itu nantinya akan diberi pelatihan sebelum bangunan baru rampung.

"Pelatihan para pelaku IKM mebel, jadi mereka dilatih, saatnya akan menggunakan gedung ini sudah siap secara skill," terangnya. (dks)

(zend)