Hard News

Merdeka dari Paham Radikal, 3 Napiter Ucap Ikrar Setia NKRI

Hukum dan Kriminal

24 Desember 2022 14:47 WIB

Tiga orang warga binaan pemasyarakatan tindak pidana terorisme mengucapkan ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Lapas Khusus Kelas IIA Karanganyar Nusakambangan, Jumat (23/12/2022). (Foto: Dok. Istimewa)

CILACAP, solotrust.com – Tiga orang warga binaan pemasyarakatan tindak pidana terorisme mengucapkan ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mereka mengakui Pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara di Lapas Khusus Kelas IIA Karanganyar Nusakambangan, Jumat (23/12/2022).

Bertempat di aula Lapas Karanganyar, turut hadir pula Kapolsek Nusakambangan, Densus 88, rohaniawan Kementerian Agama (Kemenag), perwakilan dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), dan perwakilan PK Bapas Nusakambangan sebagai saksi.



Narapidana terorisme (Napiter) yang terafiliasi dengan jaringan ISIS mengikrarkan janji setianya untuk berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945, tulus dan setia kepada NKRI, serta meningkatkan kesadaran bela negara untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam pernyataannya, para warga binaan pemasyarakatan (WBP) berikrar mereka akan melepaskan baiat terhadap amir mana pun dan/atau melepaskan diri dari amir organisasi jihadis radikal lainnya.

Baiat merupakan pengucapan sumpah setia kepada seorang pemimpin. Dalam hal ini, para warga binaan pemasyarakatan melepaskan pengucapan sumpah setia mereka terhadap pemimpin tindak pidana terorisme maupun organisasi terkait.

Dalam amanatnya, Kalapas Hisam Wibowo mengapresiasi kinerja seluruh jajaran dalam keberhasilan acara ini.

"Saya sangat terharu terlebih saat WBP melakukan cium bendera merah putih. Suatu hal yang luar biasa dapat membuat napiter kembali ke pangkuan NKRI. Terima kasih atas pengabdian dan dedikasi dalam menjalankan tugas mulia ini," kata Hisam Wibowo dalam keterangan tertulis diterima solotrust.com.

"Terima kasih pula saya sampaikan kepada stakeholder yang berkenan hadir menyaksikan ikrar setia NKRI ini," tutupnya.

(and_)