Hard News

Kanwil Kemenkumham Jateng Gelar Bimtek Analisis dan Evaluasi Penyusunan Laporan SPIP

Jateng & DIY

6 November 2023 12:01 WIB

Kanwil Kemenkumham Jateng menyelenggarakan Bimbingan Teknis Analisis dan Evaluasi Penyusunan Laporan SPIP kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) jajaran di aula Rupbasan Kelas II Cilacap, Kamis dan Jumat (02-03/11/2023) (Foto: Dok. Istimewa)

CILACAP, solotrust.com - Analisis dan Evaluasi Penyusunan Laporan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) berkualitas sesuai Permenkumham Nomor 33 Tahun 2013 menjadi hal penting selain penyusunan laporan itu sendiri.

Mewujudkan hal itu, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah (Kanwil Kemenkumham Jateng) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Analisis dan Evaluasi Penyusunan Laporan SPIP kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) jajaran.



Terbaru, wilayah Cilacap dan Nusakambangan menjadi destinasi Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah selanjutnya dalam menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) SPIP. Kegiatan berlangsung dua hari, Kamis dan Jumat (02-03/11/2023) di aula Rupbasan Kelas II Cilacap menggandeng narasumber dari Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Tengah.

Membuka kegiatan, kepala kantor wilayah diwakili Kepala Bagian Program dan Humas, Toni Sugiarto menyampaikan pentingnya penyusunan laporan Sistem Pengendalian Intern (SPI) pada satuan kerja berkualitas, termasuk dalam hal analisis dan evaluasi

"SPI memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan," ungkap Toni Sugiarto.

"Oleh karena itu, Kanwil Kemenkumham Jateng bekerja sama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah mengadakan kegiatan bimtek ini, ' sambungnya.

Bimtek ini juga dalam rangka pemenuhan target kinerja B12.

"Khusus untuk bimtek SPIP kali ini, kami fokuskan pada kegiatan analisis dan evaluasi penyusunan pelaporan SPIP. Harapannya satuan kerja bisa menyusun laporan yang benar-benar berkualitas," jelas pria asli Majalengka ini menambahkan.

Sebelumnya, Kepala Rupbasan Kelas II Cilacap, Helmy menyampaikan rasa terima kasih atas digelarnya kegiatan bimtek SPIP di kantornya.

"Meski dengan sarana terbatas, kegiatan ini tidak akan mengurangi manfaat dan tujuannya. Kami ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kantor wilayah untuk menyelenggarakan kegiatan ini," ucap pria asli Purbalingga.

Bimtek diisi narasumber dari perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah, Koordinator Pengawas Bidang IPP, Kapsari membahas secara rinci masing-masing unsur terdapat pada SPIP, penerapan, dan pengendaliannya.

Ia juga memberikan pengetahuan kepada seluruh peserta mengenai bagaimana menyusun laporan SPIP berkualitas sesuai PP Nomor 60 Tahun 2008, termasuk bagaimana melakukan analisis dan evaluasi terhadap laporan disusun.

Para peserta merupakan perwakilan dari 15 Unit Pelaksana Teknis di wilayah Cilacap dan Nusakambangan mengikuti jalannya kegiatan secara antusias dengan banyaknya diskusi. Peserta juga mengimplementasikan langsung bagaimana mengelompokkan komponen-komponen ke dalam unsur-unsur yang terdapat pada SPIP dengan benar, selanjutnya menjadi bahan dalam laporan penyelenggaraan SPIP sesuai bimbingan narasumber.

Sebagai informasi, wilayah Cilacap dan Nusakambangan merupakan kegiatan keenam diselenggarakan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah dalam mengadakan bimtek SPIP pada 2023.

(and_)