Ekonomi & Bisnis

Pertamina Jamin Pasokan Energi Selama Nataru di Pulau Jawa

Ekonomi & Bisnis

22 Desember 2023 17:05 WIB

Ilustrasi (Foto: Pertamina)

JAKARTA, solotrust.com – Pertamina melalui Subholding Commercial & Trading, Pertamina Patra Niaga melakukan sejumlah persiapan untuk menjamin pasokan energi selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) di Pulau Jawa.

Adapun guna memastikan kelancaran pendistribusian bahan bakar minyak (BBM), LPG dan avtur selama Natal & Tahun Baru, Pertamina membentuk satuan tugas (Satgas) mulai 15 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.



Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Deny Djukardi, mengatakan stok BBM dan LPG saat ini dalam kondisi aman dan seluruh infrastruktur telah disiagakan.

Di wilayah Jawa Bagian Barat (JBB), Pertamina telah menyiagakan enam terminal BBM, empat terminal LPG, lebih dari 1.578 SPBU, 203 SPBE (PSO & NPSO), 1.906 agen LPG (PSO & NPSO), dan 5 DPPU. 

Selain itu, Pertamina menyiapkan layanan dan fasilitas tambahan, yakni 39 motoris atau armada Pertamina Delivery Service (PDS), 63 titik SPBU kantong, dua rumah Pertamina Siaga, sebelas unit SPBU modular, dua mini klinik di rest area dan posko terpadu.

Secara keseluruhan proyeksi stok di regional JBB diperkirakan terjadi peningkatan konsumsi BBM Gasoline sebesar 1,3 % sebesar 26.953 KL dari rata-rata konsumsi normal harian sebesar 26.612 KL dan penurunan Gasoil sebesar 6.6% sebesar 10.7

61 KL dari rata-rata konsumsi normal harian sebesar  11.526 KL. Sedangkan untuk LPG diperkirakan akan terjadi peningkatan konsumsi sebesar 1.5% atau sebesar 7649 MT dari rata-rata konsumsi harian sebesar 7543 MT.

Penjualan avtur di empat bandara wilayah regional pada periode Satgas Nataru 2023 ini juga diprediksi akan mengalami peningkatan sekira 3,1 persen dari sales normal, yakni sebanyak 5.859 KL per hari atau naik 2,9 persen dari Satgas Nataru 2022.

Di wilayah Jawa Bagian Tengah (JBT), Pertamina telah menyiapkan 1.042 SPBU, lebih dari 1.345 Pertashop, 33 SPBUN, 4 SPBB, 119 Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE), 923 agen LPG PSO dan NPSO, dan lebih dari 69.888 pangkalan & outlet LPG untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat.

Executive General Manager (EGM) Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Aji Anom Purwasakti memastikan kebutuhan energi selama Natal dan Tahun Baru.

“Menyambut masa Natal dan Tahun Baru, kami pastikan stok dalam kondisi sangat aman. Proses distribusi juga terus kami pantau melalui Pertamina Integrated Command Center (PICC) dan dashboard digitalisasi SPBU,” ungkap Aji Anom, dilansir dari laman resmi Pertamina, pertamina.com.

Proyeksi peningkatan konsumsi energi masyarakat di JBT sekira +8 persen untuk Gasoline (bensin), +7 persen untuk Gasoil (diesel), +1,3 persen untuk LPG, dan +11 persen untuk avtur.

Pertamina juga telah menyiagakan layanan dan fasilitas tambahan semasa Satgas Naru, yakni 241 SPBU Siaga (di jalur lintas, daerah wisata, daerah konsentrasi Natal dan Tahun Baru), 10 SPBU Siaga di jalur tol, 91 Motoris atau armada Pertamina Delivery Service (PDS), 59 titik kantong BBM SPBU, 13 unit Pertashop atau SPBU modular di jalur Tol Trans Jawa, serta lebih dari 923 agen dan 6.989 pangkalan LPG Siaga, layanan di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) juga akan terus siaga memenuhi kebutuhan Avtur bagi seluruh maskapai penerbangan.

Di Jatimbalinus, Pertamina menambah layanan berupa 100 Motorist Pertamina Delivery Service dan 12 Kantong BBM berbentuk Mobil Tanki (Mobile Storage) se-Jatimbalinus yang akan siaga pada titik-titik rawan kemacetan, bencana dan konsentrasi pemudik serta destinasi wisata utama di Jatimbalinus. Kedua layanan tersebut untuk memangkas jarak supply dan mendekatkan energi ke konsumen.

“Selain itu kami menambah 10 Kiosk Modular Dispenser untuk 10 titik Rest Area yang tidak memiliki SPBU, menyiagakan 13 SPBU di Jalur Tol dan 1493 SPBU di Jalur Non Tol dan 1174 Agen LPG Siaga di Jalur Non Tol dengan menambah jam operasional mereka,” ujar Executive GM Regional Jatimbalinus Dwi Puja Ariestya.

(and_)

Berita Terkait

Konsumsi BBM Pertamina Capai Puncak pada H-1 Idulfitri, Pertamax Turbo Tembus 104%

Momen Lebaran, Pertamina Tambah 14,4 Juta Tabung LPG 3 Kg

Antusiasme Tinggi, 1790 Pelajar Ramaikan Kompetisi Atletik Pertamina Junior Challenge di Solo

Strategi Penjualan Tiket Pertandingan Satria Muda Pertamina Jakarta

Wali Kota Semarang Dorong Semua Dinas Gunakan Kartu RFID Pertamina untuk Pembelian BBM

Nataru: Pertamina Jamin Stok Aman, meski Volume Kendaraan Meningkat

Ramadan dan Idulfitri, Pertamina Siap Amankan Pasokan Energi

Konsumsi BBM Pertamina Capai Puncak pada H-1 Idulfitri, Pertamax Turbo Tembus 104%

Wali Kota Semarang Dorong Semua Dinas Gunakan Kartu RFID Pertamina untuk Pembelian BBM

Ini Update Daftar Harga Terbaru BBM di SPBU Pertamina

Ubah Air jadi BBM, Warga Cirebon Diundang ke Italia

Segera! Pertamina akan Luncurkan BBM Jenis Baru Bioetanol

Pertamina: Stok BBM Aman, Arus Mudik Tertangani dengan Baik

Kuliner dan Hiburan Asyik di Pasar Sukaria Nataru 2023

Libur Nataru, Pelaku Usaha Kuliner Tawangmangu Janji Tak Ngepruk Pelanggan

KAI Pastikan Angkutan Nataru 2023/2024 Aman dan Nyaman, Sediakan 673.438 Tiket Kereta

Wali Kota Semarang Imbau Pedagang Tak Mremo saat Libur Nataru

Mbak Ita Cek Tol Semarang-Batang, Pastikan Jalur Aman saat Libur Nataru

Memeriahkan Nataru, Solo Paragon Hotel Hadirkan Aneka Program Spesial

Ganjar Dilaporkan ke Bawaslu, Bagikan Voucher Internet di CFD Solo

354 Ribu Penumpang dan 80 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jawa ke Sumatra Selama Libur Natal

Libur Nataru, Wisatawan Penuhi Solo Safari

Nataru: Pertamina Jamin Stok Aman, meski Volume Kendaraan Meningkat

Lonjakan Pergerakan Masyarakat di Hari Puncak Pertama Libur Natal Masih Terkendali

Misa Natal Berjalan Lancar, Wali Kota Semarang Apresiasi Jajaran Forkopimda

Berita Lainnya