Hard News

Protes Pemerintah, Warga Klodran Colomadu Tambal Jalan Sendiri Sepanjang 1 Km

Jateng & DIY

20 Januari 2024 17:21 WIB

Relawan Tugu Boto bersama salah satu tokoh pemuda Colomadu, Wawan Pramono saat menambal jalan rusak di jalan Tugu Boto Desa Klodran, Colomadu, Sabtu (20/01/2024)

KARANGANYAR, solotrust.com - Warga Desa Klodran  bersama puluhan relawan Tugu Boto  Colomadu berinisiatif memperbaiki jalan sendiri dengan cara pengaspalan pada Sabtu (20/01/2024), Perbaikan jalan rusak parah ini menggunakan dana swadaya masyarakat dan para donatur yang peduli dengan Desa Klodran.

Mereka tak tega dengan rusak parahnya jalan arah Tugu Boto Klodran Kecamatan Colomadu sampai perbatasan Ngemplak Boyolali sepanjang satu kilometer.



Tokoh pemuda Colomadu, Wawan Pramono, mengatakan jalan menuju Tugu Boto Desa Klodran sampai perbatasan Ngemplak Boyolali mengalami kerusakan cukup parah. Banyak Jalan berlubang dan sering mengakibatkan pengguna jalan mengalami kecelakaan.

"Melihat jalan rusak warga sudah capek karena jalan ini tidak kunjung diperbaiki. Saat musim hujan seperti sekarang kerusakan lubang jalan semakin bertambah, takutnya akan mengakibatkan banyak korban," katanya.

Terkait biaya pengaspalan jalan, menurut Wawan Pramono berasal dari uang pribadi serta para donatur yang peduli terhadap kerusakan jalan di wilayah Colomadu. Perbaikan jalan ini melibatkan sekira seratus orang dari relawan Tugu Boto bersama warga Klodran.

"Ini bentuk protes warga kepada pemerintah karena tidak cepat ditanggapi. Melihat jalan rusak ini apa harus dibiarkan terus sampai menimbulkan korban kecelakaan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Relawan Tugu Boto Bersatu, Agung Prasetyo, mengutarakan perbaikan dan pengaspalan jalan ini atas inisiatif warga.

“Warga memperbaiki jalan rusak ini dengan dana swadaya serta bantuan dari para donatur. Kita berharap dengan perbaikan jalan ini, masyarakat bisa kembali melaluinya dengan aman dan nyaman, tidak was-was lagi dengan lubang jalan yang bisa membahayakan pemakai jalan," kata dia.

Perlu diketahui, bukan kali ini saja warga melakukan perbaikan jalan. Sebelumnya perbaikan jalan juga dilakukan di jalur penghubung Desa Gedongan dengan embarkasi haji di Donohudan. Perbaikan swadaya juga dilakukan di jalan penghubung Gawanan dan Gagak Sipat serta Jalan Adi Sumarmo. Semuanya di wilayah Kecamatan Colomadu. (joe)

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya