Hard News

Rekayasa Cuaca TMC di Semarang Mulai Berlaku

Jateng & DIY

18 Maret 2024 14:09 WIB

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen Suharyanto didampingi Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu meninjau banjir di Kelurahan Trimulyo, Kecamatan Genuk, Minggu (17/03/2024)

SEMARANG, solotrust.com - Intensitas hujan di Jawa Tengah, khususnya Kota Semarang akhir-akhir ini mulai berkurang signifikan. Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Ibu Kota Jawa Tengah masih akan berlangsung cuaca ekstrem hingga beberapa hari ke depan.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto, mengatakan untuk mengurangi intensitas hujan pemerintah telah melakukan rekayasa cuaca menggunakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).



Hal ini ia sampaikan saat meninjau dan menyerahkan bantuan pompa dan logistik bagi warga terdampak banjir di Trimulyo, Semarang, Minggu (17/03/2024). Menurut Letjen TNI Suharyanto, Teknologi Modifikasi Cuaca tak hanya dilakukan di Kota Semarang, namun juga seluruh wilayah Jawa Tengah.

"Satu pesawat dari kemarin sudah mulai. Ini cuaca tidak hujan juga salah satu hasil dari TMC. Berdasarkan prediksi BMKG, hujan terus di Jateng," terang dia.

Dipaparkan, TMC ini memang diterapkan untuk mengurangi hujan. Dia berharap, banjir di Semarang bisa segera terkendali.

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu bilang, penerapan TMC sangat membantu penanganan banjir di Ibu Kota Jawa Tengah.

"TMC ini juga membantu sekali. Satu minggu ini prediksi BMKG cuacanya ekstrem di sepanjang pesisir Pantai Utara (Pantura)," kata Mbak Ita, sapaannya, Minggu (17/03/2024).

Dengan kondisi intensitas hujan berkurang di Kota Semarang, pihaknya bisa fokus melakukan penanganan pascabanjir. Saat ini, beberapa wilayah masih tergenang, antara lain Trimulyo, Dong Biru, dan Jalan Kaligawe.

"Lainnya sudah surut, termasuk Rusun Kaligawe sudah kering, tinggal Jalan Raya Kaligawe sama RSI yang genangannya tinggi. Tlogosari sudah surut," papar wali kota. (fjr)

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya