Serba serbi

6 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

Serba serbi

03 April 2024 17:05 WIB

Ilustrasi (Foto: Pixabay/StockSnap)

Solotrust.com - Puasa bukan cuma soal nggak makan dan minum selama beberapa waktu saja, namun juga punya manfaat bagus buat tubuh dan pikiran kita.

Berikut beberapa manfaatnya yang mungkin bisa kalian pahami untuk diri sendiri, disarikan dari berbagai sumber.



1. Bersihkan tubuh dari racun

Saat puasa tubuh jadi punya kesempatan buat 'bersih-bersih' dari racun dan zat-zat nggak baik. Ketika kita nggak makan dan minum, tubuh mulai gunain cadangan lemak dan gula buat tenaga. Nah, proses ini membantu ngeluarin racun dari sistem pencernaan dan tubuh kita.

2. Turunin berat badan

Puasa juga bisa bantu kita turunin berat badan, lho. Gimana caranya? Dengan mengatur pola makan dan ngurangin makanan berat kalorinya selama puasa, tubuh jadi lebih efisien bakar lemak buat jadi tenaga. Selain itu, puasa juga bisa bantu kita ngurangin kebiasaan makan berlebihan.

3. Lindungi jantung

Puasa juga bermanfaat buat kesehatan jantung. Dengan nurunin kadar kolesterol dan tekanan darah, serta bikin insulin lebih peka, puasa bisa ngurangin risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, puasa juga bisa bantu turunin peradangan di tubuh yang bisa jadi penyebab penyakit jantung.

4. Bikin lebih tenang dan fokus

Selain manfaat fisik, puasa juga bisa bikin kita lebih tenang dan fokus. Puasa bisa melatih kita untuk lebih sabar, disiplin, dan mengendalikan diri. Ini bisa membantu meningkatkan fokus, konsentrasi, dan mengontrol emosi kita.

5. Tidur lebih nyenyak

Puasa juga bisa membantu kita tidur lebih nyenyak, lho. Dengan mengatur pola makan dan menghindari makanan yang bikin kita terlalu 'bersemangat', tubuh jadi lebih gampang istirahat saat tidur. Selain itu, puasa juga bisa membantu mengatur ritme tidur kita, sehingga bikin istirahat jadi lebih teratur.

6. Mencegah diabetes

Puasa juga bisa membantu mencegah diabetes tipe 2. Ini karena puasa bisa bikin insulin lebih peka dan mengatur kadar gula darah. Jadi, risiko diabetes bisa lebih kecil.

Puasa bukan cuma soal ibadah, namun juga tentang menjaga kesehatan. Penting juga buat ingat sebelum mulai puasa atau ubah pola makan, konsultasikan dulu ke dokter atau ahli gizi ya supaya sesuai sama kebutuhan dan kesehatan kamu. (Naufal Fawwaz Assalam)

*) Berbagai Sumber

(and_)