Serba serbi

“Love Yourself: Answer” BTS Jadi Album Korea Selatan Pertama yang Raih Sertifikasi Emas di Amerika Serikat

Musik & Film

22 November 2018 23:59 WIB

BTS (Dok. Big Hit Entertainment)

Solotrust.com - Rilis pada 24 Agustus 2018, album terbaru BTS yakni “Love Yourself: Answer” berhasil menjadi album pertama dari artis asal Korea Selatan yang memperoleh sertifikasi emas di Amerika Serikat, pasar musik terbesar di dunia.

Hal tersebut diketahui dari rilis The Recording Industry Association of America (RIAA) atau Asosiasi Industri Rekaman Amerika baru-baru ini. Melalui websitenya www.riaa.com, album “Love Yourself” dari BTS tercatat mendapatkan sertifikasi emas karena sudah terjual sebanyak 500.000 unit. Tanggal sertifikasi yang tercantum di RIAA sendiri adalah 9 November 2018.



Berbarengan dengan album “Love Yourself: Answer”, single utama dari album tersebut yakni “IDOL” juga berhasil meraih sertifikasi emas. Dengan ini, berarti sudah 4 single BTS yang disertifikasi emas oleh RIAA yakni “Mic Drop”, “DNA”, “FAKE LOVE” dan “IDOL”. Untuk “Mic Drop”, single tersebut bahkan sudah mendapatkan sertifikasi platinum karena sudah terjual sebanyak 1 juta unit.

Dalam sejarah musik Korea Selatan sejauh ini, baru pertama kalinya ada album yang mendapatkan sertifikasi emas dari RIAA, kendati sudah ada beberapa single yang meraih emas bahkan platinum.

Pada tahun 2013, PSY berhasil meraih platinum dengan single “Gangnam Style”. PSY pun menjadi artis Korea Selatan pertama yang mendapatkan platinum dari RIAA. Kendati demikian, yang diraih adalah dari single, sebuah bukan album.

Selain pernah memuncaki Billboard 200, album “Love Yourself: Answer” juga telah mencatatkan sejumlah rekor lain, seperti menjadi album yang paling banyak terjual dalam sejarah Gaon. Gaon sendiri adalah chart nasional di Korea Selatan seperti halnya Billboard di Amerika Serikat maupun Oricon di Jepang.

Pada 9 November lalu sebagaimana dikabarkan Yonhap, album tersebut sudah terjual lebih dari 2 juta kopi, tepatnya di angka 2.033.475 kopi menurut data Gaon. Album tersebut diketahui memperoleh 1,51 juta untuk pre-order dan terjual 1,93 kopi hanya dalam waktu 8 hari setelah dirilis. (Lin)

(wd)