Selasa , 14 Juli 2020

Antisipasi Corona, Jokowi Ajak Masyarakat Jaga Imunitas

14 Maret 2020 10:34 WIB


Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)

BANTEN, solotrust.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengajak kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan imunitas tubuh melalui olahraga rutin, makan makanan bergizi, dan menjaga jangan sampai stres karena dapat mengganggu imunitas tubuh.

“Tadi saya jelaskan mengenai pelacakan dari klaster pertama dan kedua dan itu juga membuahkan hasil. Dari 80 turun ke 20 turun ke 10 dan kita juga melacak ada 4 dari klaster itu yang positif Covid-19. Pengawasan dan isolasi pasien suspect juga terus dijalankan,” ujar Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di Bandar Udara (Bandara) Soekarno-Hatta, di Kota Tangerang, Banten, Jumat (13/03/2020), dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.



Lebih lanjut, presiden juga menyampaikan tim reaksi cepat dibentuk dikomandani Kepala BNPB dan telah disiapkan di RS tipe A. Sementara untuk menjaga pintu negara, Jokowi menyampaikan Indonesia memiliki 135 pintu gerbang baik di darat, pelabuhan, laut maupun airport.

“Ini protokol keamanan dan protokol kesehatan diterapkan seperti tadi yang saya lihat,” tuturnya.

Mitigasi kondisi, presiden tengah menyiapkan dengan cepat dan sebaik-baiknya RS rujukan yang telah disampaikan Menkes ada 132 RS.

“Sebelumnya 100, lalu 132 dan kemudian kami tambah lagi 109 RS TNI, 53 lagi RS Polri, dan terakhir 65 RS BUMN.  Termasuk di sini pembangunan fasilitas observasi dalam skala besar di Pulau Galang kita harapkan minggu depan bisa kita selesaikan, nanti akan saya cek langsung,” tambahnya.

Sementara itu, Juru Bicara (Jubir) Penanganan Wabah Virus Corona (Covid-19) menyampaikan hasil dari tracing yang telah dilaksanakan sejak kemarin hingga Jumat, 13 Maret 2020 sebanyak 69 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Ini sudah kami lakukan tracing terus-menerus akhirnya kami mendapatkan beberapa hal yang saya minta diperhatikan baik-baik,” ujar Yuri di Kantor Presiden, Provinsi DKI Jakarta, Jumat (13/03/2020

Dalam mengantisipasi ini semuanya, menurut Yuri, contact tracing menjadi hal paling penting untuk dilakukan agar dengan cepat bisa mengidentifikasi, menemukan, dan melakukan isolasi kasus positif agar tidak menjadi sumber penyebaran di lingkungan masyarakat. 

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com