Senin , 23 November 2020

Album Map of the Soul: 7 The Journey BTS Disertifikasi Triple Platinum di Jepang

10 Agustus 2020 08:09 WIB


BTS dalam "Map of the Soul: 7 -The Journey-" (Dok. Big Hit Entertainment)

Solotrust.com- Album "Map of the Soul: 7 -The Journey-" dari BTS meraih sertifikasi triple platinum di Jepang karena telah terjual hingga 750.000 kopi. Hal ini diumumkan The Recording Industry Association of Japan (RIAJ) atau Asosiasi Industri Rekaman Jepang terkait sertifikasi untuk bulan Juli 2020.

“Map of the Soul: 7 -The Journey-” adalah album Jepang keempat BTS. Rilis pada 15 Juli 2020, ada 13 lagu dalam album ini. Selain lagu-lagu versi Bahasa Jepang dari hit-hit Berbahasa Korea yang telah dirilis sebelumnya seperti "Fake Love", "Boy With Luv" dan "Black Swan", ada dua lagu Jepang original yakni “Stay Gold" dan “Your Eyes Tell".



Dengan album ini, BTS mematahkan rekor TVXQ dalam hal penjualan album untuk minggu pertamanya di Jepang. Berdasarkan keterangan Oricon, album itu terjual hingga 546.000 kopi, melampaui capaian TVXQ dengan "Best Selection 2010" dengan 413.000 kopi. Ini sekaligus adalah jumlah penjualan tertinggi dari artis luar Jepang.

BTS menjual 450.000 kopi albumnya pada hari pertama rilis, yang menjadikannya album tercepat yang memperoleh angka tersebut dalam sehari, baik untuk artis Jepang maupun internasional. Album itu pun debut di peringkat pertama chart album mingguan Oricon segera setelah dirilis.

Album itu juga berhasil mendarat di peringkat 115 chart Billboard 200 dan peringkat 56 chart Official di Inggris. Lagu “Your Eyes Tell” juga tercatat pernah memuncaki chart penjualan lagu digital dunia Billboard, yang sebelumnya dipegang lagu BTS lain dalam album itu yakni "Stay Gold".

BTS sendiri belum lama ini mendapatkan sertifikasi platinum di Jepang dengan album Koreanya "Map of the Soul: 7". Ini menjadi album Korea pertama BTS yang disertifikasi platinum di Jepang oleh RIAJ. Meski BTS pernah meraih platinum di Jepang, namun itu adalah dari album Jepang.

Album Jepang BTS sebelumnya yakni “Face Yourself” juga sudah disertifikasi double platinum RIAJ karena sudah terjual lebih dari 500.000 unit. Namun untuk album Korea, semuanya baru mendapatkan gold selain "7".

Album Korea BTS sebelumnya yakni “Love Yourself: Answer”, "Love Yourself: Tear" dan "Map of the Soul: Persona" masing-masing disertifikasi gold karena sudah terjual lebih dari 100.000 unit.

BTS juga telah memiliki beberapa single yang sertifikasi RIAJ. Single “Chi, Ase, Namida” mendapatkan platinum karena sudah terjual lebih dari 250.000 unit. Single “MIC DROP/DNA/Crystal Snow" telah mendapatkan double platinum karena sudah terjual lebih dari 500.000 unit.

Sementara itu, single “Fake Love/Airplane Pt. 2” juga berhasil mendapatkan sertifikasi double platinum di Negeri Sakura itu. Sedangkan single Jepang terbaru mereka “Lights/Boy With Luv” disertifikasi dengan "million seller" karena sudah terjual hingga 1 juta unit. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com