Selasa , 11 Mei 2021

Forkopinda Cek Penerapan PPKM Mikro dan Bagikan Sembako Warga Terdampak Covid-19

24 Februari 2021 10:31 WIB


Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu bersama sejumlah pejabat di Kabupaten Klaten melaksanakan pengecekan penerapan PPKM Mikro di Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Selasa (23/02/2021)

KLATEN, solotrust.com - Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu bersama sejumlah pejabat di Kabupaten Klaten melaksanakan pengecekan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Selasa (23/02/2021).

Hadir dalam pengecekan, antara lain Dandim 0723/Klaten Letkol Inf Joni Eko Prasetyo, Asisten 1 Pemerintah Daerah Kabupaten Klaten Ronny Rukminto, Kepala Dinas Kesehatan Klaten Cahyono, para PJU Polres Klaten, Muspika Prambanan.



Kapolres dan rombongan membagikan 30 paket sembako kepada warga terdampak Covid-19 di aula balai desa setempat. Usai kegiatan, rombongan melanjutkan giat peninjauan tempat pembuatan masker, usaha mikro kecil dan menangah (UMKM) warga, warung hidup serta ruang isolasi mandiri di Desa Kemudo.

AKBP Edy Suranta Sitepu menyampaikan, kegiatan pengecekan ini dilakukan untuk memastikan penerapan program PPKM Mikro, diinstruksikan pemerintah berjalan dengan baik di seluruh desa di wilayah Klaten. Dengan menjalankan program PPKM Mikro diharapkan angka penyebaran Covid-19 bisa ditekan secara maksimal karena program ini melibatkan unsur terbawah pemerintahan, yakni kepala desa sebagai kepala posko dibantu Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Dari hasil pengecekan, menurut Kapolres, Desa Kemudo sudah sangat baik dalam menjalankan PPKM Mikro dan layak menjadi percontohan untuk desa-desa lainnya. Di desa Kemudo warga sudah bisa membuat masker, hand sanitizer, dan UMKM pun berjalan dengan baik. Salah satu indikator keberhasilan PPKM Mikro adalah menurunnya status wilayah terkait Covid-19. Hal ini sudah dicapai Desa Kemudo dengan turunnya status menjadi zona hijau.

"(Ketahanan pangan di Desa Kemudo) ini menurut ibu ketua PKK sudah berjalan bertahun-tahun yang lalu, bukan pada saat pandemi Covid-19 saja. Seperti misalnya menanam sayur-sayuran, tanaman obat-obatan dan sebagainya. Bahkan kalau kita masuk ke desa, kita lihat orang ke sawah saja memakai masker. Artinya ketaatan protokol kesehatan sudah berjalan," ujarnya.

Tak lupa, AKBP Edy Suranta Sitepu mengucapkan terima kasih kepada kepala desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat yang telah bekerja keras dalam penanganan wabah Covid-19, sehingga Kemudo menjadi desa tangguh dan warga terpapar Covid-19 turun jumlahnya.

Kapolres menambahkan, posko PPKM Mikro sudah didirikan di seluruh desa di Kabupaten Klaten, total ada 401 posko dan semuanya sudah berjalan efektif. Hasilnya ada penurunan penyebaran Covid-19 sekira 40 persen sejak diberlakukannya PPKM Mikro.

"Kami berharap agar seluruh pihak ikut berpartisipasi dalam penerapan program PPKM Mikro ini agar angka penularan dan kematian akibat Covid-19 semakin bisa ditekan sekaligus meningkatkan angka kesembuhan," tandasnya. (Jaka)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com