Ekonomi & Bisnis

Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional Solo Naik Jelang Imlek

Ekonomi & Bisnis

13 Februari 2018 08:36 WIB

Komoditas bawang dan cabai mengalami kenaikan harga menjelang perayaan Tahun Baru Imlek. (solotrust.com/arum)

SOLO, solotrust.com- Beberapa komoditas kebutuhan pokok di pasar tradisional di Solo mengalami kenaikan menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2018.

Komoditas yang harganya melonjak paling tinggi hingga Rp 14 ribu adalah bawang putih. Komoditas lain yang juga naik harga adalah bawang merah dari Rp 13 ribu per- kg jadi Rp 20 ribu per- kg, cabai rawit merah dari Rp 35 ribu per- kg jadi Rp 40 ribu per- kg, dan cabai rawit hijau dari Rp 17 ribu per- kg jadi Rp 20 ribu per- kg. Sedangkan harga daging ayam ras stabil tinggi Rp 33 ribu per- kg.



Salah seorang pedagang bawang di Pasar Legi Solo, Sri Rahayu mengatakan tingginya harga karena pasokan dari negara pengimpor bawang yaitu China berkurang drastis. Sebab diprioritaskan untuk mencukupi kebutuhan penduduknya sendiri terkait perayaan Imlek.

“Kalau bawang putih ini bukan naik lagi, tapi sudah berganti harga. Karena dari sebelumnya hanya Rp 20 ribu per- kilogram sekarang menjadi Rp 34 ribu per- kilogram. Setiap periode Imlek pasti bawang putih akan terjadi kelangkaan barang. Karena permintaan di Negara asalnya juga meningkat,” terangnya pada solotrust.com, Senin (12/2/2018).

Senada, pedagang lain, Endang Partiem mengatakan kenaikan harga bawang sudah terjadi secara bertahap sejak dua minggu ini. Bahkan diprediksi masih akan mengalami kenaikan harga mendekati perayaan Imlek.

“Karena naiknya harga itu para pelanggan banyak yang mengeluh. Mereka mengurangi pembelian barang karena tidak mampu menjangkau harga jual di pasaran,” ujarnya. (Arum)

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya