Hard News

Ganjar: Kokam Jaga NKRI dan Siap Lawan Hoaks

Jateng & DIY

23 Oktober 2017 13:48 WIB

FOTO: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menghadiri Jambore Akbar Kokam Jateng VII di Alun-alun Kabupaten Karanganyar, Minggu (22/10/2017). (Dok Humas Jateng)

KARANGANYAR, solotrust.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan bahwa Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) siap melawan siapapun yang mengancam ideologi Indonesia dan merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Hal itu ia sampaikan di sela-sela kirab seni budaya dalam rangka Jambore Akbar Kokam Jateng VII di Alun-alun Kabupaten Karanganyar, Minggu (22/10/2017).

Seluruh personel Kokam dari 35 kabupaten dan kota di Jateng berkumpul di Karanganyar guna memperingati Hari Sumpah Pemuda. Kokam, menurut Ganjar, siap untuk melawan penyebaran informasi hoaks yang kini semakin mudah menyebar. Tak hanya itu, bahkan Kokam disebutnya tak akan membiarkan siapapun yang akan memecah-belah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).



“Komitmen Kokam pada bangsa dan negara tadi disampaikan adalah menjaga ideologi serta persatuan dan kesatuan bangsa. Bagaimana mengantisipasi perkembangan zaman, apalagi tentang hoax dan ujaran-ujaran kebencian, mereka akan lawan,” ujar Ganjar, dikutip laman resmi Pemprov Jateng.

Lanjutnya, Kokam juga selalu berusaha untuk terlibat dalam membantu penanganan bencana di berbagai daerah. “Setiap ada event di Jawa Tengah, Kokam selalu terlibat. Apalagi pas terjadi bencana, Kokam selalu membantu. Artinya Kokam berpartisipasi sungguh-sungguh dan berkontribusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mudah-mudahan ini terus dirawat,” lanjut Ganjar.

Dalam acara jambore yang dilaksanakan selama tiga hari (31-23 Oktober) tersebut, berbagai atraksi seni budaya lokal juga ditampilkan. Sebanyak 35 kabupaten dan kota menyuguhkan seni budaya asli daerah di depan Ganjar, juga Bupati Karanganyar Juliyatmono, Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo, Ketua Umum Wilayah Muhammadiyah Jateng Tafsir, Forkopimda, serta masyarakat.

 

(way)

(Redaksi Solotrust)