Selasa , 13 April 2021

INKA akan Kembangkan Transportasi Tenaga Listrik di Bali

24 Oktober 2020 10:31 WIB


Prototipe bus listrik E-INOBUS buatan PT INKA (Persero) (Foto: bumn.go.id)

Solotrust.com - PT INKA (Persero) menandatangani Nota Kesepahaman dengan Perusda Bali yang merupakan BUMD Provinsi Bali terkait pembangunan dan penyelenggaraan sarana transportasi perkotaan di wilayah Provinsi Bali, tengah pekan ini.

Direktur Utama PT INKA (Persero), Budi Noviantoro, menyampaikan PT INKA (Persero) dan Perusda Bali akan melakukan pengembangan sistem looping transportasi berbasis kendaraan listrik. Wilayah pengembangannya meliputi kawasan Kuta, Sanur, Ubud, dan kawasan pusat kebudayaan Bali Gunaksa.



Selain itu, dua perusahaan ini nantinya juga akan melakukan pengembangan kapasitas pemeliharaan serta perawatan sarana dan prasarana kereta api maupun kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

“PT INKA (Persero) dan Perusda Bali nanti akan mengembangkan sistem transportasi perkotaan berbasis listrik tenaga baterai seperti tram listrik dan bus listrik. Ke depan, PT INKA (Persero) dan Perusda Bali akan mendirikan perusahaan patungan/joint venture untuk pengembangan dan pengoperasian sistem tranportasinya. Tentunya dengan studi kelayakan (feasibility studies) dan kajian lainnya yang diperlukan” jelas Budi Noviantoro, dilansir dari laman resmi Kementerian Badan Usaha Milik Negara, bumn.go.id, Sabtu (24/10/2020).

Pihaknya menambahkan dalam hal pendanaan, PT INKA (Persero) didukung Islamic Development Bank berpusat di Jeddah, Arab Saudi. Dukungan ini terkait financing untuk keperluan pengembangan tersebut.

Acara penandatanganan nota kesepahaman terkait pembangunan dan penyelenggaraan sarana transportasi perkotaan di wilayah Provinsi Bali dihadiri Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro dan Operation Team Leader Islamic Development Bank (IsDB) Regional Hub Indonesia Omar Eddie Davis. Turut hadir pula secara virtual dari Provinsi Bali, yakni Direktur Utama Perusda Bali Nyoman Kami Artana dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali I Gde Wayan Samsi Gunarta.

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com