Selasa , 13 April 2021

Lebaran Jangan Mudik Dulu atau Terpaksa Harus Nginap di STP

06 April 2021 10:03 WIB


Graha Wisata Niaga sempat dijadikan tempat karantina bagi pemudik oleh Pemkot Solo tahun lalu.

SOLO, solotrust.com- Antisipasi momen mudik lebaran 2021 mulai dipersiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, salah satu yang dipersiapkan adalah rumah karantina bagi pemudik. Pemkot Solo memilih Solo Techno Park (STP) sebagai lokasi karantina. Hal tersebut diputuskan dalam rapat koordinasi satgas  penanganan covid-19 kota solo, Senin (5/4/2021).

Rencana penggunaan STP untuk karantina pemudik itu disampaikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka seusai mengikuti rapat. Gibran menyampaikan tetap mengikuti aturan pemerintah pusat, yakni melarang mudik, namun jika masih ada warga yang nekat mudik maka akan dijemput untuk dikarantina di STP.  



“Tetap tidak disarankan (mudik -red).” Kata Gibran.

Sekretaris Daerah Kota Solo, Ahyani menyampaikan waktu pengaktifan kembali Solo Techno Park sebagai lokasi karantina pemudik masih menunggu keputusan pemerintah pusat. STP kemungkinan mulai mengkarantina pemudik per 6 -7 Mei 2021. STP sendiri mempunyai kapasitas 200-an orang.  

Mereka yang kedapatan mudik ke Solo saat lebaran bakal dicek surat keterangan sehat maupun hasil uji swabnya sebelum menjalani karantina, apabila lolos pada penyaringan stasiun, bandara, dan terminal satgas jogo tonggo yang akan mendeteksi kedatangan pemudik. Penyaringan di terminal, stasiun, dan bandara dilakukan tim cipta kondisi yang meliputi Kepolisian, TNI, dan Satpol PP armada penjemputan dan pengantaran ke STP juga disiapkan.  

“Kalau nekat ya dikarantina, kalau mau balik ya silahkan balik.” Kata Ahyani.

Sementara bagi pemudik yang terkonfirmasi positif covid-19 akan tetap dirujuk ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali. (Daw)

 


(wd)
  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com