Hard News

Seniman Jalanan Kampanyekan Vaksinasi Melalui Poster

Jateng & DIY

1 Oktober 2021 09:47 WIB

Seniman jalanan Putra Pangestu (Foto: jatengprov.go.id)

KLATEN, solotrust.com – Anak jalanan Klaten yang tergabung dalam seniman jalanan Putra Pangestu menghibur pengendara sembari mengkampanyekan vaksinasi.

Sebanyak lima anak jalanan melakukan kampanye vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat menggunakan poster sederhana di pinggir Jalan Mayor Kusmanto Klaten, beberapa waktu lalu.



Kalimat “Ayo Vaksin Biar Kuat”, “Stop Covid-19 dengan Vaksin”, hingga “Kamis Siap Divaksin” terlihat jelas di poster yang mereka pegang.

Ketua Seniman Jalanan Putra Pangestu, Abian mengatakan bahwa aksi kampanye tersebut didorong oleh petugas penyuluh Kementerian Agama Klaten sekaligus guru spiritualnya, Ustadz Muh Zuhri.

“Jadi masyarakat jangan termakan berita hoaks yang salah. Kami Putra Pangestu sudah divaksin, sehingga masyarakat tidak usah ragu berinteraksi dengan kami. Terpenting jangan takut divaksin. Kami sangat dibantu oleh Ustaz Zuhri yang sabar mendampingi kami,” ucapnya via telepon, Rabu (29/9/2021).

Penyuluh Agama Islam Kementerian Agama Klaten Zuhri menyebut, tidak mudah membujuk anak jalanan untuk divaksin, padahal mereka rentan tertular.

“Awalnya mereka itu apatis untuk divaksin. Cenderungnya tidak mau divaksin. Tapi lewat pendampingan dan komunikasi yang intensif, akhirnya mereka merespon positif. Bahkan mau kampanye vaksinasi,” tuturnya seperti dilansir laman resmi pemerintah provinsi Jawa Tengah.

Hingga akhirnya, pada Senin (27/9) sebanyak 22 anggota Putra Pangestu mendapatkan vaksinasi Covid-19 pertamanya.

Zuhri berharap, apa yang dilakukan oleh seniman jalanan Putra Pangestu dapat menjadi contoh bagi masyarakat. (paramitha)

(zend)

Berita Terkait

Berita Lainnya