Hard News

5 Masjid Tercantik dan Terunik di Soloraya yang Cocok Dikunjungi untuk Wisata Ramadan

Jateng & DIY

4 April 2023 10:44 WIB

Masjid Raya Sheikh Zayed menjadi salah satu spot wisata religi bagi masyarakat Solo maupun wisatawan dari luar kota. (Foto: Dok. solotrust.com/raihan)

Solotrust.com - Solo tidak hanya terkenal dengan kuliner dan budaya tradisionalnya yang kental saja. Kota ini juga memiliki sejuta keindahan lainnya.

Salah satunya adalah dari sisi agama. Banyak masjid di Solo memiliki desain cantik dengan keunikan sejarah dan budaya, serta arsitektur mengagumkan.



Jadi, selain keindahan dan keunikan masjid, kamu juga bisa mengenal sejarah dan budaya masjid. Berikut lima masjid di Kota Solo dengan arsitektur indah dan nilai sejarah tinggi, dirangkum dari berbagai sumber:  

1. Masjid Agung Surakarta

Masjid bersejarah dan terindah di Kota Solo salah satunya adalah Masjid Agung Surakarta. Sunan Pakubuwono menjadi sosok di balik pembangunan masjid megah ini.

Pembangunan dimulai pada 1763 dan berakhir pada 1768. Sejarah berdirinya Masjid Agung Surakarta dapat dilihat pada prasasti di dinding luar.

Pada awal era sebelum kemerdekaan, Masjid Agung Surakarta berfungsi sebagai tempat penyebaran agama Islam. Masjid berlokasi di Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo ini juga kerap digunakan untuk acara keagamaan warga keraton, mulai dari Sekaten Maulid Nabi hingga Grebeg.

2. Masjid Sheikh Zayed Solo

Kota Solo belakangan tampil dengan ikon baru, yakni Masjid Raya Sheikh Zayed. Masjid megah dan mewah ini merupakan hadiah dari Pangeran Uni Emirat Arab, Sheikh Muhammad Zayed Al Nahyan kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Masjid Raya Sheikh Zayed memiliki bentuk sangat menyolok khas Timur Tengah. Struktur bangunannya disebut sebagai model miniatur dari Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi.

Masjid berlokasi di Jalan A Yani, Gilingan, Banjarsari, Solo ini baru saja diresmikan Presiden Jokowi dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ). Masjid Raya Sheikh Zayed dibangun di atas tanah seluas 3,6 hektare dan disebut yang terbesar di wilayah Soloraya.

Tampilan masjid ini juga begitu indah dengan corak arsitektur Islam modern. Masjid Raya Sheikh Zayed dapat menampung 10 ribu jemaah. Di dalamnya terdiri atas bangunan masjid, ruang VIP, perpustakaan seluas 20 meter persegi, dan basement digunakan untuk tempat wudu.

3. Masjid Darussalam

Masjid Darussalam berlokasi di Jalan Gatot Subroto Jayengan 161, Kecamatan Serengan, Solo. Masjid ini merupakan bagian dari jejak Banjari yang tinggal di Solo.

Dibangun dengan gaya arsitektur Jawa-Sumatra dan didirikan masyarakat perantauan pada abad ke-20, bangunan Masjid Darussalam sekarang sudah berbeda dengan arsitektur aslinya dulu. Awalnya, masjid ini dibangun dengan material anyaman bambu.

Seiring perkembangan zaman, pada 1965 dilakukan renovasi atas saran salah seorang tokoh masyarakat setempat. Pembangunan Masjid Darussalam tak lepas dari peran para pendatang Banjar yang sebagian besar berprofesi sebagai pedagang emas dan intan.

Alhasil, selain menjadi pusat ibadah, kawasan di sekitar masjid juga menjadi sentra perdagangan emas dan intan terbesar di Kota Solo. Masjid Darussalam juga cukup populer dengan Bubur Banjarnya. Ya, setiap Ramadan tiba, masyarakat Banjar yang tinggal di sekitar masjid menyiapkan bubur Banjar untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar.

 4. Masjid Fatimah

Masjid Fatimahberada di zona komersial Kota Solo, yakni sekitar kawasan Singosaren, Pasar Kliwon. Masjid ini dibangun dengan konsep modern. Bangunan masjid terdiri dua lantai di mana bangunan utama berada di lantai dua, sedangkan lantai satu biasanya digunakan untuk acara kemasyarakatan seperti pesta pernikahan.

Masjid Fatimahsangat nyaman karena full AC dan dilengkapi lift. Masjid Fatimah dibangun oleh Yayasan Danar Hadi Solo, pemilik merek batik terkenal Danar Hadi.

Selain cocok untuk beribadah, Masjid Fatimah juga dikenal sebagai tempat pernikahan. Masjid ini kerap digunakan masyarakat Kota Bengawan yang ingin menyelenggarakan walimahan dengan konsep private dan Islami. Saking terkenalnya sebagai wedding venue, warga Solo yang ingin menyewa gedung ini harus mengantre lama, lebih dari lima bulan.

Masjid Fatimahterlihat semakin unik karena di dalamnya terdapat Alquran seberat 200 kg yang ditulis dengan tinta emas. Ada pula bedug dan pembatas ruangan besar dengan ukiran huruf Arab berwarna emas.

5. Masjid Agung Baiturrahman Sukoharjo

Salah satu tempat wisata religi di Sukoharjo dan menjadi ikon kabupaten setempat adalah Masjid Raya Baiturrahman. Masjid megah ini selesai dibangun pada Desember 2017 di mana pembangunannya menyerap dana begitu fantastis, yakni sekira Rp33 miliar.

Masjid Raya Baiturrahman Sukoharjo memiliki enam menara. Adapun empat di antaranya merupakan menara besar dan tinggi terletak di antara bangunan utama masjid. Di depan masjid terdapat dua menara utama lainnya dengan tinggi 30 meter.

Sementara kubah Masjid Raya Baiturrahman Sukoharjo didominasi warna hijau, sehingga sangat terlihat dari kejauhan dan menarik perhatian. Masjid ini mampu menampung 4000 jemaah.

Masjid Raya Baiturrahman Sukoharjo juga dilengkapi berbagai prasarana atau layanan publik, seperti perpustakaan, ruang penumpang, dan lift. Masjid ini berada di lokasi sangat strategis, yakni Jalan Brigjen Slamet Riyadi Sukoharjo atau Jalan Solo-Wonogiri.

Masjid Raya Baiturrahman Sukoharjo bisa dibilang cukup Instagrammable dan ikonik. Karenanya, tak heran jika tempat ibadah ini banyak diabadikan sebagai latar foto para jemaah dan traveler. (Tria Oktafiana)

(and_)

Berita Terkait

Momen Lebaran, Penjual Ayam Geprek di Masjid Sheikh Zayed Ketiban Untung

Sambut Ramadan, WOM Finance Berbagi dengan Masyarakat Duafa

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Simbol Persahabatan dan Toleransi Lintas Budaya

Mengintip Tradisi Buber di Masjid Agung Surakarta

Peringati Nuzulul Quran, Pemkab Boyolali Gelar Khataman Alquran di Masjid Ageng

AQUA Gelar Buka Puasa Bersama dan Edukasi Lingkungan di Masjid Raya Sheikh Zayed

MotoGP Sebut Mandalika sebagai Sirkuit Tercantik Dunia

Soodam SECRET NUMBER Terpilih Sebagai Rookie K-Pop Tercantik

Jang Won Young IZ*ONE Dipilih Sebagai Idol Tercantik oleh Dua Hairstylist K-Pop

Polling: Karina aespa Terpilih Sebagai Idol K-Pop Rookie Tercantik

9 Artis Indonesia Masuk Daftar 100 Wanita Tercantik Dunia, Ada Agnez Mo dan Maudy Ayunda

Chelsea Islan dan Raisa Masuk Daftar 100 Wanita Tercantik Di Dunia 2018 Versi The Independent Critics

20 Klub Sepak Bola Soloraya Ramaikan Turnamen DPRD Cup Karanganyar

Bentuk Toleransi, Pemuda Batak Bersatu Soloraya Bagi Takjil di Kartasura

Peringati Paskah, Srawung Mitra Go-Jek Soloraya Nasrani Gelar Bakti Sosial

Rekomendasi 5 Tempat Nongkrong Asyik di Soloraya

Relawan Sedulur Mas Dar Soloraya Deklarasikan Sudaryono jadi Cagub Jateng

Tani Merdeka Soloraya Dukung Sudaryono Maju Pilgub Jateng 2024

10 Rekomendasi Makanan dan Minuman yang Cocok Dikonsumsi saat Musim Kemarau

Rekomendasi 5 Jamu Tradisional yang Cocok untuk Kesehatan Tubuh

5 Masjid Bersejarah di Solo Cocok Dikunjungi saat Ramadan, Ada yang sudah Ratusan Tahun

Buya Syafii: Ahok Cocok Mangarsani Bumn Awit Ulet Saha Jujur

Bupati Sri Mulyani: Klaten Cocok Dengan Konsep Pariwisata Desa

Rekomendasi 7 Tempat Wisata Keren yang Wajib Dikunjungi di Medan

Yuk Intip 5 Umbul di Klaten yang Wajib Kamu Kunjungi

2 Tempat Wisata Baru dan Instagramable di Soloraya Wajib Dikunjungi

Sambut Hari Kemerdekaan, 3 Tempat Peninggalan Bersejarah di Solo Wajib Kamu Kunjungi

Mudik di Solo, Ini 10 Rekomendasi Kuliner Murah dan Nikmat yang Bisa Dikunjungi

5 Masjid Bersejarah di Solo Cocok Dikunjungi saat Ramadan, Ada yang sudah Ratusan Tahun

Bandara Adi Soemarmo Tak Lagi Berstatus Internasional, Gibran Optimistis Tak Pengaruhi Kunjungan Wisata

Wisata Baru Ngargoyoso Waterfall Diprediksi jadi Magnet Wisatawan saat Lebaran

5 Destinasi Wisata Budaya Populer di Solo yang Wajib Dikunjungi

Rekomendasi 7 Tempat Wisata Keren yang Wajib Dikunjungi di Medan

Solo Safari, Destinasi Hits Wisata Edukasi Satwa di Kampung Gibran

Lawang Ombo, Saksi Sejarah Perdagangan Candu di Masa Lalu

Momen Lebaran, Pertamina Tambah 14,4 Juta Tabung LPG 3 Kg

Solo Grand Mall Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadan, Ajak Santri Buka Puasa Bersama

Perkuat Sinergitas, Persit dan Bhayangkari Rembang Bagi Takjil di Bulan Ramadan

Pemkot Semarang Gencar Lakukan Gerakan Bakti Sosial Selama Ramadan

6 Budaya Menarik Masyarakat Indonesia saat Puasa Ramadan

Sambut Idulfitri, Aston Inn Pandanaran Semarang Bagikan Bingkisan Lebaran

Berita Lainnya