Hard News

Kanwil Kemenkumham dan Pemprov Jateng Gelar Penganugerahan Penghargaan KKPHAM

Jateng & DIY

29 Desember 2023 09:40 WIB

Kanwil Kemenkumham Jateng berkolaborasi dengan Pemprov Jateng menggelar penganugerahan penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (KKPHAM), Kamis (28/12/2023). (Foto: Dok. Istimewa)

SEMARANG, solotrust.com - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah (Kanwil Kemenkumham Jateng) berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) menggelar penganugerahan penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (KKPHAM), Kamis (28/12/2023).

Kegiatan berlangsung di Gedung Gradhika Bhakti Praja Kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah merupakan tindak lanjut dari kegiatan serupa pada Puncak Peringatan Hari HAM Sedunia ke-75 Tahun 2023 di Lapangan Banteng Jakarta beberapa waktu lalu.



Pada kesempatan itu, Menteri Hukum dan HAM menyerahkan penghargaan kepada 34 kabupaten/kota di Jawa Tengah sebagai Kabupaten/Kota Peduli HAM secara simbolis.

Penyerahan penghargaan dilakukan Pj Gubernur Jateng, Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana kepada bupati dan wali kota (perwakilan) penerima, setelah lebih dulu menerima piagam penghargaan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Tejo Harwanto.

Sebelumnya, dalam sambutannya, Tejo Harwanto mengatakan, berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 22 Tahun 2021 tentang Kriteria Daerah KKPHAM, indikator penilaian KKPHAM meliputi hak atas bantuan hukum, hak atas informasi, hak turut serta dalam pemerintahan, hak atas keberagaman dan pluralisme, termasuk juga hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas lingkungan yang baik, dan perumahan yang layak.

"Selanjutnya berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor M.HH-03.HA.02.01.01 Tahun 2023 tanggal 15 November 2023 tentang Penetapan Kabupaten/Kota Peduli HAM pada Tahun 2022, terdapat 34 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah mendapatkan predikat Kabupaten/Kota Peduli HAM," ungkap Tejo Harwanto, didampingi Kepala Divisi Administrasi Hajrianor dan Kepala Divisi Keimigrasian Is Edy Ekoputranto.

"Satu kabupaten masuk kategori lima kabupaten/kota terbaik nasional, yakni Kabupaten Purworejo. Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah masuk kategori lima provinsi terbaik dalam pembinaan dan pembangunan, serta Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah masuk kategori lima terbaik dalam mendorong Kabupaten/Kota Peduli HAM," imbuhnya.

Sementara Pj Gubernur Jateng, Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana memberikan apresiasi kepada kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan.

"Tentunya suatu hal yang sangat membanggakan bagi kita dan saya minta kemudian dengan penghargaan ini jangan kita langsung berpuas diri karena masih banyak tentunya PR-PR (pekerjaan rumah) kita ke depan," kata Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana.

"Dan (dalam) memberikan pelayanan kepada masyarakat kita, yang kita rasakan masih belum optimal," sambungnya.

Pj Gubernur Jateng berharap pelayanan kepada masyarakat, khususnya terkait HAM dapat semakin ditingkatkan. Penghargaan ini juga diharapkan dapat menjadi motivasi bagi semua kabupaten/kota untuk lebih baik dalam berkinerja.

Pada kesempatan sama, Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana juga mengukuhkan Gugus Tugas Daerah Bisnis dan Hak Asasi Manusia Provinsi Jawa Tengah di dalamnya termasuk kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah sebagai sekretaris.

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya