Kamis , 1 Oktober 2020

Pandemi Corona Berdampak Negatif pada Industri K-Pop

1 April 2020 04:05 WIB


TWICE, salah satu grup K-Pop yang konsernya ditunda karena wabah virus corona. (Dok. JYP Entertainment).


Solotrust.com - Pandemi corona (COVID-19) tak pelak membuat konser-konser K-Pop baik skala besar maupun kecil harus ditunda atau dibatalkan. Dilansir dari Yonhap (29/3/2020), dikatakan bahwa industri K-Pop adalah salah satu sektor yang paling terpukul oleh pandemi corona, karena negara-negara telah memerintahkan atau menyarankan penyelenggara acara untuk membatalkan atau menunda pertemuan publik.



Menurut survei yang dilakukan oleh Asosiasi Industri Label Rekaman Korea baru-baru ini, diketahui bahwa pandemi ini memiliki dampak negatif terutama pada label musik K-Pop berukuran kecil dan menengah.

Label musik kecil lokal telah membatalkan total 61 konser atau acara pada periode 1 Februari - 11 April karena corona, yang mengakibatkan kerugian mencapai 3,6 miliar Won.

Survei terhadap 31 label musik kecil dan menengah dan distributor rekaman menunjukkan bahwa pendapatan mereka pada periode Januari-Februari diperkirakan menyusut sebesar 720 juta Won dari tahun sebelumnya.

"Grup idola K-pop terkenal memiliki kesempatan untuk menjadwal ulang konser yang dibatalkan, tetapi musisi indie sering tidak memiliki jaminan bahwa penampilan yang dibatalkan dapat diatur ulang," kata Yoon Dong Hwan, wakil ketua asosiasi itu.

Dalam skala besar, sederet konser grup besar sudah ditunda. Misalnya TWICE yang kembali menunda konsernya di Tokyo Dome, Jepang yang rencananya dihelat pada pertengahan April mendatang karena wabah virus corona (COVID-19).

Melalui situs resmi Jepangnya, diumumkan bahwa tur dunia bertajuk "TWICE World Tour 2019 'Twicelights' in Japan" yang awalnya berlangung pada 15-16 April 2020 di Tokyo Dome telah ditunda karena pandemi tersebut.

Dikatakan bahwa dengan mempertimbangkan situasi yang kini belum membaik, konser harus ditunda lagi. Dikatakan pula bahwa kesehatan dan keselamatan orang-orang seperti artis maupun penonton ada di garis depan. Sebelumnya TWICE sudah menunda konser tersebut, yakni menjadi pada 3-4 Maret saat itu.

Selain TWICE, BTS juga menunda tur "Map of the Soul"nya di Amerika Utara, yang semula akan berlangsung dari 25 April hingga 6 Juni. Sebelumnya BTS telah membatalkan konser perdananya di Seoul.

Tak hanya itu, sederet konser lain seperti “We Are The Future: Live in Japan” dari SuperM di Tokyo Dome yang semula berlangsung pada 23 April juga harus ditunda. Tur “Keep Spinning” dari GOT7 yang semula akan berlangsung di Bangkok pada 9-10 Mei juga ditunda. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com