Rabu , 25 November 2020

Rekor! Penjualan Seluruh Album BTS Tembus 20 Juta Kopi, Angka Terbesar dalam Sejarah K-Pop

10 April 2020 02:08 WIB


BTS dalam album debutnya "2 Cool 4 Skool" (Dok. Big Hit Entertainment)

Solotrust.com - BTS menjadi artis Korea Selatan dengan penjualan album terbanyak sepanjang sejarah K-Pop. Hal ini dikabarkan agensinya, Big Hit Entertainment (9/4/2020), sebagaimana dilansir dari Yonhap.

Berdasarkan keterangan Big Hit, total penjualan seluruh album BTS yang jumlahnya 14 dari mulai album debutnya "2 Cool 4 Skool" (2013) hingga yang terbaru "Map of the Soul: 7" (2020) mencapai 20.329.305 juta kopi per bulan Maret 2020. Angka ini didasarkan pada data dari chart Gaon, yang dijalankan oleh Korea Music Content Association atau asosiasi konten musik Korea.



"Melampaui akumulasi penjualan album 20 juta kopi untuk pertama kalinya dalam sejarah pop Korea, BTS menjadi penyanyi dengan rekor penjualan album terbanyak," kata Big Hit.

Dari 14 album itu, beberapa diantaranya terjual lebih dari 1 juta kopi, seperti Wings", tiga seri Love Yourself yakni "Her", "Tear" dan "Answer" dan dua seri Map of the Soul yakni "Persona" dan "7".

Sebelumnya, pada 11 Maret 2020, Big Hit Entertainment  mengumumkan bahwa "Map of the Soul:.7" telah terjual hingga 4,11 juta kopi dalam 9 hari pertamanya sejak dirilis. Album itupun menjadi album K-Pop terlaris sepanjang sejarah.

Lebih rinci, album "7" terjual sebanyak 4.114.843 kopi. Jumlah ini melampaui seri sebelumnya yakni "Map of the Soul: Persona" dengan 3,4 juta kopi, yang rilis April 2019.

BTS merilis album "Map of the Soul: 7" pada 21 Februari 2020. Terdapat 20 lagu dalam album ini yakni "ON", "ON" featuring Sia, "My Time", "Louder than bombs", "Filter", "UGH!", "We Are Bulletproof: the Eternal", "00:00 (Zero O'Clock", "Friends", "Interlude: Shadow", "Inner Child", "Moon", "Outro: Ego", "Respect", "Intro: Persona", "Boy With Luv" featuring Halsey, "Make It Right", "Jamais Vu", "Dionysus", dan "Black Swan".

Pre-order album ini berhasil menembus angka 4,02 juta kopi per 17 Februari 2020. Ini adalah angka terbesar untuk pre-order album di Korea Selatan sekaligus rekor tertinggi untuk album BTS selama ini.

Sebelumnya, album ini mencetak angka 3,42 juta kopi dalam seminggu setelah dibukanya pre-order, yakni pada 9 Februari, lebih banyak 700.000 kopi dari Persona. Angka ini termasuk pre-order dari dalam dan luar Korsel. Angka ini juga sudah menjadi yang tertinggi dalam sejarah album Korsel sejauh ini.

"7" terjual tanpa bantuan penawaran penukaran tiket konser atau bundel merchandise. Album ini terdiri dari 4 versi seperti 3 album sebelumnya yang memuncaki Billboard 200.

Masing-masing versi memiliki konten dasar yang sama yakni CD album, buku foto, buku lirik, buku catatan mini, kartu pos, stiker, kertas warna dan poster, meskipun masing-masing memiliki sedikit perbedaan sesuai versinya. Album ini masing-masing juga berisi satu dari 32 photocard random. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com