Jumat , 10 Juli 2020

UGM Uji Coba Alat Rapid Test Inovasi Sendiri

19 Juni 2020 11:52 WIB


Ilustrasi.

 

YOGYAKARTA, solotrust.com- Pemerintah Kabupaten Sleman menerima ribuan peralatan untuk menyelenggarakan rapid test untuk Covid-19. Peralatan rapid test ini bernama RI/GHA yang merupakan singkatan dari Republik Indonesia/Gajah Mada, Laboratorium Hepatika dan Airlangga.



Rapid Diagnoctic Test (RDT) yang dihasilkan oleh tiga institusi ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Saat dilakukan uji laboratorium menunjukkan akurasinya untuk mendeteksi IGM mencapai lebih dari 98 persen dan IGG mencapai 100 persen.

Dengan keberhasilan dan tingkat akurasi yang tinggi ini, RDT buatan anak bangsa mulai didistribusikan, salah satunya di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

r-d-t buatan dalam negeri ini/ langsung digunakan untuk menguji sampel seluruh karyawan puskesmas di kabupaten sleman/ dan sampel acak warga mlati sleman//

“Biasanya kita kan beli dari beberapa rekanan yang ada, itu kan masih mahal harganya, ini nanti gratis kita dapat dari UGM, tapi hanya untuk sasaran 4 ribu.” Jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo. (adam)

 



(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com