Kamis , 29 Oktober 2020

11 Ibu Hamil di Wonogiri Tertular Covid 19

06 Oktober 2020 11:53 WIB


Ilustrasi.

WONOGIRI, solotrust.com- Sebanyak 11 ibu hamil di Kabupaten Wonogiri positif terinfeksi penyakit virus corona (Covid-19). Hal itu diketahui setelah Pemkab Wonogiri menggelar tes swab bagi 930 orang ibu hamil, pada akhir pekan lalu.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Wonogiri Edy Santosa mengungkapkan, tes swab bagi ibu-ibu hamil itu dilaksanakan sejak 28 September sampai 2 Oktober lalu.



“Peserta test swab adalah ibu hamil yang sudah memasuki trimester ke tiga,” katanya, Selasa (6/10/2020).

Dari test swab massal yang dilakukan itu, sebanyak 11 ibu hamil terkonfirmasi positif Covid-19. Satu di antara mereka kemudian dirujuk ke rumah sakit Dr Moewardi Solo. Seorang ibu hamil itu dirujuk ke rumah sakit karena sudah menjelang waktu persalinan.

Ibu tersebut dirujuk ke rumah sakit Dr Moewardi Surakarta karena berdasarkan perkiraan dokter, yang bersangkutan sudah mau melahirkan. Itu sebagai bentuk antisipasi terhadap pasien,” terangnya.

Adanya penambahan pasien Covid-19 dari kalangan ibu hamil menjadi perhatian khusus Pemkab Wonogiri. Pasalnya, ibu hamil memang rentan tertular.

“Sebagai antisipasi, kami melakukan tes swab bagi ibu hamil, dan hasilnya sungguh mengejutkan." imbuhnya.

Dari 11 ibu hamil yang positif Covid-19, sembilan di antara mereka tertular dari klaster perjalanan. Hanya dua orang yang tertular dari transmisi lokal. Satu dari mereka tertular dari suaminya yang merupakan pedagang, sedangkan satu lagi masih dalam proses pelacakan.

Adapun pasien lain yang terpapar Covid-19 mempunyai riwayat perjalanan dari wilayah Jakarta dan sekitarnya. Suami mereka pada umumnya merupakan perantau dan ketika menjelang kelahiran, mereka pulang kampung ke Wonogiri.

Sementara itu dokter Pitut kepala puskesmas wonogiri 1 mengatakan, timnya telah melakukan tugas pengambilan sampel swab kepada seluruh ibu hamil, dari data yang ada wilayah kecamatan wonogiri relatif aman. (noto)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com