Hard News

Coklit Perdana, KPU Datangi Kediaman Ibunda Jokowi

Jateng & DIY

20 Januari 2018 23:34 WIB

Ibunda Presiden Jokowi Sujiatmi Notomihardjo (kiri) usai kegiatan pencocokan dan penelitian (Coklit) yang dilakukan KPU Solo di rumahnya kawasan Sumber, Sabtu (20/01/2018) (solotrust.com-vin)

SOLO, solotrust.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Kota Surakarta mulai melakukan kegiatan pencocokan dan penelitian (Coklit) pemilih untuk Pilkada Jawa Tengah. Kegiatan Coklit perdana dilakukan di kediaman Ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sujiatmi Notomiharjo di Jalan Pleret Raya 9A, Sumber, Banjarsari Solo, Sabtu (20/01/2018).

Para petugas dari KPU Surakarta, Bawaslu Solo, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan juga Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) mendatangi rumah Sujiatmi tak jauh dari kantor KPU di Jalan Kahuripan Utara, Surakarta.



"Kegiatan Coklit ini merupakan gerakan serentak yang dilakukan di seluruh Indonesia. Ibu Sudjiatmi mendukung penuh kegiatan ini dan beliau terdaftar di TPS 23 di Kelurahan Manahan," kata Ketua KPU Solo, Agus Sulistyo.

Agus mengatakan, melalui kegiatan ini KPU ingin menghadirkan wajah cantik demokrasi, pemilu inklusif serta transparan. Gerakan diselenggarakan hingga 18 Februari 2018 merupakan langkah progresif KPU meningkatkan kualitas daftar pemilih secara berkesinambungan. Sekaligus melayani pemilih dalam menjaga hak konstitusionalnya guna memastikan data akurat dan mutakhir.

"Masyarakat kami imbau untuk menyiapkan KTP elektronik, Surat Keterangan dan KK sebagai basis data pemilih. Berikan informasi akurat kalau ada keluarga pemilih kepada PPDP," pungkasnya.

Berdasarkan data KPU Surakarta, Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) 2018 di Kota Solo sebanyak 413.726 pemilih. Angka ini meningkat dibanding jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2017, yakni 399.915. (vin)

(and)