Hard News

Razia Knalpot Brong, Polresta Solo Jaring 29 Motor dan 1 Mobil

Jateng & DIY

31 Agustus 2022 16:39 WIB

Polresta Solo saat melakukan razia kendaraan berknalpot brong di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Selasa (30/08/2022) malam. (Foto: Dok. Istimewa/Polresta) Solo

SOLO, solotrust.com - Jajaran Polresta Solo melakukan razia kendaraan berknalpot brong di wilayah kota setempat. Hasilnya, puluhan kendaraan, baik roda empat maupun roda dua berknalpot brong berhasil diamankan.

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak melalui Kabagops Kompol Sutoyo dalam siaran pers diterima solotrust.com, menyebut pihaknya fokus merazia kendaraan memakai knalpot bising (brong).



Kompol Sutoyo juga mengingatkan masyarakat untuk menggunakan kendaraan sesuai standar yang sudah ditentukan dalam undang-undang.

"Dalam razia ini, polisi mengamankan 39 kendaraan roda empat dan roda dua dengan pelanggaran, di antaranya 18 unit sepeda motor berknalpot brong, sepuluh unit sepeda motor tanpa kelengkapan surat, dan satu unit kendaraan bermotor roda empat berknalpot brong," jelas Kabagops.

Para pengendara yang membawa kendaraan dengan knalpot bising dikenakan sanksi tilang dan motor ditahan hingga penggantian knalpot standar pabrikan.

”Semua motor kami tahan malam ini. Pengguna knalpot brong membuat warga tidak nyaman dengan suara yang bising. Mari kita ciptakan Solo aman, nyaman, dan bebas dari penggunaan knalpot brong,” terang Kompol Sutoyo, Selasa (30/08/2022) malam.

Kegiatan malam ini berkaitan dengan cipta kondisi dalam rangka memberikan kenyamanan bagi warga Kota Solo.

Berdasarkan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 285 disebutkan setiap orang mengemudikan motor di jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan, meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban didenda paling banyak Rp250 ribu atau kurungn penjara selama satu bulan. (riz)

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya