Kamis , 4 Juni 2020

Viral, Warga Bantu Petugas Ber-APD Makamkan Jenazah Covid-19

07 April 2020 15:01 WIB


Pemakaman jenazah Covid-19 dibantu warga. (twitter)

Solotrust.com- Merebaknya virus corona atau Covid-19 dan sudah memakan banyak korban tentu saja membuat masyarakat ketakutan. Merekapun banyak yang khawatir tertular virus dari pasien bahkan jenazah Covid-19.

Banyak ditemukan di berbagai wilayah masyarakat menolak pemakaman jenazah Covid-19 dengan alasan khawatir tertular, bahkan di beberapa video viral juga ditemukan petugas yang akan memakamkan jenazah dilempari dan dicaci maki warga.



Namun berbeda dengan video yang diunggah oleh @black__valley1 di  akun sosial media twitter pada 3 April 2020. Video menggambarkan mobil jenazah yang tiba di area pemakaman, petugas yang mengenakan APD pun turun dari mobil untuk melakukan pemakaman. Di lokasi tersebut juga sudah ada beberapa warga yang turut membantu petugas memakamkan jenazah.

Akun @black__valley1 memberikan keterangan bahwa pemakaman tersebut berada di Lamongan, Jawa Timur dna masyarakat sudah paham tentang Covid 19, sehingga tidak melakukan penolakan terhadap pemakaman jenazah.

“Ini dari kab Lamongan Jatim, masyarakatnya sudah paham tentang C19, jadi jenazah C19 diterima dan petugas medisnya tidak dilempari atau dicaci maki seperti kemarin di suatu daerah tak kusebut menjaga kode etik, terima kasih warga Lamongan telah mengedepankan rasa empati.” Tulisnya.

Seperti diketahi, jenazah Covid-19 yang sudah diperlakukan sesuai SOP yang ada sudah dipastikan aman, sehingga masyarakatpun tak perlu khawatir akan tertular.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com