Minggu , 24 Januari 2021

Inilah 8 Lagu Korea yang Berhasil Meraih Perfect All Kill Sepanjang 2020

5 Januari 2021 17:31 WIB


IU, artis yang dua lagunya berhasil meraih predikat Perfect All Kill sepanjang 2020 (Sumber gambar: Instagram IU)

Solotrust.com - Sepanjang tahun 2020, hanya ada 8 lagu Korea yang berhasil meraih predikat 'Perfect All Kill' di chart musik. Lagu-lagu itu datang dari beragam jenis genre dan penyanyi. Ada yang berasal dari penyanyi solo, kolaborasi, boygroup dan girlgroup, serta rapper-rapper dari sebuah kompetisi rap.

'Perfect all-kill' adalah capaian dimana sebuah lagu berhasil memuncaki semua chart musik besar di Korea Selatan yakni Melon, Genie, Bugs, Mnet, Naver, Soribada, ditambah dengan iChart realtime  serta iChart weekly.



Jika sebuah lagu berhasil menempati 6 chart musik besar di Korsel ditambah ichart realtime, maka lagu tersebut dinyatakan 'All Kill'. Namun jika lagu tersebut juga mendapatkan peringkat pertama di iChart weekly, maka dinyatakan 'Perfect All Kill'.

"Any Song" dari Zico menjadi lagu pertama yang meraih predikat itu. Lagu yang dance challenge-nya ramai di TikTok itu meraihnya pada Januari 2020.

Lagu kedua yang meraihnya adalah "I Give You My Heart" dari IU. Lagu yang menjadi OST drama tvN "Crash Landing on You" itu meraihnya pada Februari 2020.

Lagu ketiga yang meraih predikat itu adalah "eight" dari IU dan Suga BTS. Lagu itu meraihnya pada Mei 2020.

Lagu selanjutnya yang meraihnya adalah "How You Like That" dari BLACKPINK, yakni pada bulan Juni 2020.

Pada Juli 2020, "Summer Sea Again" dari SSAK3 menjadi lagu selanjutnya yang meraih predikat itu.

SSAK3 adalaha trio yang dibentuk dari variety show "How Do You Play" dari MBC yang terdiri dari Yoo Jae Suk, Lee Hyori dan Rain.

Hit BTS "Dynamite" menjadi lagu selanjutnya yang meraih predikat itu, yakni pada bulan Agustus. Lagu tersebut seluruh liriknya dinyanyikan dalam Bahasa Inggris.

Lagu selanjutnya yang meraih 'Perfect All Kill' adalah "Don’t Touch Me" dari Refund Sist, ers, yakni pada bulan Oktober. Refund Sisters adalah proyek girlgroup yang juga dibentuk dari variety show "How Do You Play" MBC. Grup ini beranggotakan Lee Hyori (dengan nama panggung Chun Ok), Uhm Jung Hwa (Man Ok), Hwasa MAMAMOO (Sil Bi), dan Jessi (Eun Bi).

Lagu terakhir yang mendapat predikat itu tahun ini adalah "VVS" yang dibawakan rapper-rapper dari kompetisi hip hop "Show Me The Money 9" dari MNET, yakni Mirani, Munch Man, Khundi Panda & MUSH VENOM. Lagu yang dproduksi oleh Groovyroom dan turut menampilkan rapper JUSTHIS itu meraih 'Perfect All Kill' pada bulan November. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com