Hard News

4144 Unit Rumah di Boyolali Dibangun lewat Program RTLH, Telan Dana Rp69,5 Miliar

Jateng & DIY

26 Januari 2023 11:47 WIB

Bupati Boyolali, M Said Hidayat saat sosialisasi pelaksanaan bantuan sosial (Bansos) RTLH di aula Gagatan Perkantoran Terpadu Alun-alun Lor Kabupaten Boyolali, Rabu (25/01/2023). (Foto: Dok. solotrust.com/jaka)

BOYOLALI, solotrust.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali terus melakukan upaya percepatan pengentasan kemiskinan melalui pelaksanaan bantuan rumah tidak layak huni (RTLH). Berdasarkan data Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) setempat, pada 2022 RTLH yang tertangani sebanyak 4.144 unit dengan total anggaran sebesar Rp69,5 miliar.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Boyolali, Cipto Budoyo, mengatakan penanganganan RTLH dilakukan secara sinergi, baik dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten maupun pemerintah desa dan kelurahan.



Penanganan RTLH melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Boyolali menyasar pada seribu unit rumah. Nominal digelontorkan sebesar Rp12,5 juta dengan total anggaran Rp12,5 miliar. Penanganan melalui dana alokasi khusus (DAK) sebanyak 39 unit rumah dengan anggaran Rp20 juta dari DAK dan dari APBD sebesar Rp15 juta per unit dengan total anggaran Rp4,865 miliar.

"Penanganan melalui dana Bankeu (Bantuan Keuangan) Provinsi Jawa Tengah ada 389 unit rumah, masing masing mendapatkan bantuan Rp12 juta dengan total anggaran Rp4,6 miliar," ungkap Cipto Budoyo saat sosialisasi pelaksanaan bantuan sosial (Bansos) RTLH di aula Gagatan Perkantoran Terpadu Alun-alun Lor Kabupaten Boyolali, Rabu (25/01/2023).

Selain itu, ada pula penanganan melalui dana APBN berupa program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dan Penanganan Kemiskinan Ekstrem (PKE) kepada 2.287 penerima dengan besaran masing masing Rp20 juta, total anggaran Rp 45,74 miliar. Pembangunan baru bagi rumah dihuni lebih dari satu KK sebanyak 155 unit dengan besaran bantuan masing masing Rp35 juta, bersumber dari DAK Rp20 juta dan APBD Boyolali Rp15 juta dengan total anggaran Rp5,4 miliar.

Ada pula penanganan melalui dana APBDes sebanyak 429 unit rumah. Besaran dana menyesuaikan kemampuan desa masing masing.

Bupati Boyolali, M Said Hidayat mengucapkan terima kasih atas sinergi dan kerja sama dari seluruh jajaran di lingkungan Pemkab untuk mengentaskan kemiskinan.

“Apa yang sudah kita lakukan bersama-sama dari tahun ke tahun, ada 4.144 unit yang tertangani. Terima kasih. Percepatan dapat kita lakukan karena peran seluruh jajaran dengan upaya yang kita lakukan,” ungkap orang nomor satu di Kota Susu ini.

Pada 2023 Pemkab Boyolali kembali mengalokasikan anggaran untuk penanganan RTLH, antara lain bantuan terhadap seribu unit rumah untuk peningkatan kualitas RTLH, masing masing mendapatkan bantuan Rp15 juta.

Peningkatan kualitas RTLH pada kawasan kumuh sebanyak 200 unit dengan besaran Rp15 juta. Pembangunan baru sebanyak 30 unit untuk rumah dihuni lebih dari satu KK di kawasan kumuh dengan besaran masing masing Rp35 juta.

"Bantuan tersebut bersumber dari APBD Boyolali, Bankeu Provinsi Jawa Tengah dan APBN melalui program BSPS dan PKE," kata M Said Hidayat. (jaka)

(and_)

Berita Terkait

Puluhan RTLH di Rembang Mangkrak Tanpa Kejelasan, Ganjar: Mana Itu, Mana Datanya?

50 RTLH di Rembang Tak Digarap Sejak Peletakan Batu Pertama oleh Ganjar, Warga: Jangan cuma Janji Manis

Danrem 074/Warastratama Serahkan Hasil Pembangunan Program RTLH Warga Dlingo Boyolali, Imbas Kebakaran

Rumah Nyaris Roboh, Gabungan Komunitas Bersama Kodim Sukoharjo Bantu Bu Rantiyem

Rumah Nyaris Roboh, Gabungan Komunitas Bersama Kodim Sukoharjo Bantu Bu Rantiyem

Program Rehabilitasi RTLH Harus Sesuai Database

Pemkab Boyolali Raih Opini WTP dari BPK ke-13 Kali

Tani Merdeka Boyolali Positif Dukung Sudaryono di Pilgub Jateng

Kordes Korcam Tani Merdeka Boyolali Dukung Sudaryono Maju Pilgub Jateng

Bripka Marwanto Bhabinkamtibmas Boyolali Masuk Kandidat Nominator Hoegeng Awards

Dua Kandidat Bacabup dan Bacawabup Boyolali Ambil Formulir Pendaftaran di Partai Gerindra

TMMD Sengkuyung di Desa Gunung Simo, Bupati Tekankan Semangat Kebersamaan

Pemkab Boyolali Raih Opini WTP dari BPK ke-13 Kali

TMMD Sengkuyung di Desa Gunung Simo, Bupati Tekankan Semangat Kebersamaan

May Day, Ribuan Buruh di Boyolali Senam Bersama

800 Penari di Boyolali Meriahkan Hari Tari Sedunia

875 Calhaj Boyolali Mulai Lakukan Manasik Haji

Disdikbud Boyolali Seleksi 224 Pelajar, Wakili Duta Seni sebagai Misi Kebudayaan

Tak Lagi Resah, Tahun Ini Jalan Karangrayung-Gadoh akan Dibangun

Wali Kota Semarang Pastikan Exit Tol di Ngaliyan Jadi Dibangun

3 Ruas Jalan di Kota Semarang Dibangun Tahun Depan

Mengenal Candi Asu: Sejarah, Waktu Dibangun dan Fungsinya

Underpass YIA Terpanjang Se-Indonesia Selesai Dibangun

Jalan Tol Solo-Yogya Ditargetkan Mulai Dibangun 2021

Jaga Kamtibmas, Polres Karanganyar Gandeng Admin Medsos

Berita Lainnya