Hard News

Bupati Juliyatmono Janji Selesaikan Polemik Bumdes Berjo

Jateng & DIY

2 Mei 2023 15:36 WIB

Para ketua RT dan warga Berjo usai audiensi dengan Bupati Karanganyar Juliyatmono terkait polemik bumdes di ruang anthorium Rumdin Bupati, Selasa (02/05/2023)

KARANGANYAR, solotrust.com - Permasalahan carut marut pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar akhirnya ditangani langsung Bupati Juliyatmono.

Ia sendiri akan turun tangan untuk menyelesaikan polemik itu. Juliyatmono bahkan juga memberi target pekan ini peraturan desa (Perdes) Berjo akan diselesaikan.



Hal ini disampaikannya saat menemui puluhan warga perwakilan RT/RW se-Desa Berjo saat audiensi di ruang anthorium Rumah Dinas Bupati, Selasa (02/05/2023) pagi. Para ketua RT dan warga Berjo datang ke rumah dinas untuk bertemu dan beraudiensi dengan bupati dalam rangka menyampaikan tuntutan atas polemik bumdes.

Dalam audiensi di ruang anthorium, Bupati Juliyatmono didampingi  perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, seperti Kepala Inspektorat Daerah Zulfikar Hadits, Kepala Dispermades Sundoro, dan Kabag Hukum Metty Feriska untuk menemui warga Berjo.

Juliyatmono menyampaikan, penyelesaian Perdes Berjo menjadi prioritas utama dalam menuntaskan polemik bumdes.

"Dalam minggu ini perdes akan secepatnya dikerjakan dan beri kami waktu sebulan untuk menyelesaikan semua persoalan di Berjo," ucapnya.

Bupati sangat menyanyangkan permasalahan dan polemik bumdes ini berlarut-larut. Dirinya berjanji akan membantu menyelesaikan persoalan di Desa Berjo dimulai dengan menata pengelolaannya. Pihaknya akan mendukung penuh plt kades Berjo dalam menyelesaikan semua persoalan bumdes. Plt kades memiliki kewenangan dan tugas sah secara hukum, baik dalam urusan administrasi maupun mengambil kebijakan dalam memimpin desa.

Bupati meminta Plt kades Berjo mundur jika tidak berani mengambil langkah menyelesaikan polemik Bumdes Berjo.

"Demi kesejahteraan semuanya, maka kami akan bantu dan fasilitasi. Plt Kades punya hak dan wewenang melaksanakan tugas tersebut, kalau tidak berani akan kami ganti," kata Juliyatmono.

Sementara itu, koordinator perwakilan RT/RW Desa Berjo, Agil Sugiman, mengaku puas dengan jawaban Bupati Juliyatmono yang berjanji menyelesaikan polemik bumdes dengan perjuangan warga menuntut keadilan selama berbulan-bulan akhirnya terjawab.

"Kami bersama-sama dengan warga Berjo selama ini hanya menuntut keadilan dan transparansi manajemen bumdes. Kami ingin bisa dikelola dengan baik sehingga memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Berjo khususnya." ucapnya.

Di tempat sama, tim kuasa hukum warga Berjo, Kusumo Putra memberikan apresiasi atas langkah bupati Karanganyar akan turun tangan langsung menangani polemik Bumdes Berjo. Dalam hal ini Juliyatmono menyampaikan akan melakukan percepatan penyelesaian, dimulai dengan penyusunan Perdes Berjo.

"Sampai saat ini berkas perdes sudah digarap 24 halaman dari rencana 39 halaman. Jadi masih kurang 15 halaman lagi yang butuh untuk diselesaikan," pungkas Kusumo Putra. (joe)

(and_)

Berita Terkait

Askab PSSI Karanganyar Siapkan Pendaftaran Ketum, Sejumlah Nama Tokoh Muncul

Polres Karanganyar Resmikan Perumahan Bhayangkara Presisi Tantya Sudhirajati, Tingkatkan Kesejahteraan Anggota

Jelang Pemilu, Golkar Karanganyar Gelar Pembekalan Saksi TPS

Soal Karpet Merah Juliyatmono, Pimpinan Dewan Ancam Mosi Tidak Percaya Pj Bupati Karanganyar

Sering Hadiri Agenda Pj Bupati Karanganyar, Pimpinan Dewan Singgung Kapasitas Juliyatmono

Inilah Aktivitas Juliyatmono usai Tak Lagi Jabat Bupati Karanganyar

Jalin Sinergitas, Kakanwil Kemenkumham Jateng Terima Audiensi Kanwil BRI Semarang

Pangdam IV/Diponegoro Terima Audiensi Latihan OJT Taruna Akmil Tingkat IV

Audiensi, Gibran Tak Ingin SMK Jadi Pabrik Pencetak Pengangguran

Aliansi Masyarakat Solo Bhinneka Tunggal Ika Kecam Tindakan Intoleransi

Nasib PKL Solo Timur Masih Belum Jelas

Polemik Pemindahan Pasar Rembang, Anggota Komisi IV DPR RI Tak Segan Surati Presiden

Belum Dapatkan Tanda Tangan Persetujuan, Bupati Rembang: Penolakan Pemindahan itu Kepentingan Segelintir Orang Termasuk Paguyuban

Polemik BUMDes Berjo, Warga Desak Perdes segera Dirampungkan

Warga Berjo Bersama Kuasa Hukum Temui Pimpinan Dewan, Ajukan Hearing

Pemkab Boyolali Raih Opini WTP dari BPK ke-13 Kali

Tani Merdeka Boyolali Positif Dukung Sudaryono di Pilgub Jateng

Kordes Korcam Tani Merdeka Boyolali Dukung Sudaryono Maju Pilgub Jateng

Bripka Marwanto Bhabinkamtibmas Boyolali Masuk Kandidat Nominator Hoegeng Awards

Dua Kandidat Bacabup dan Bacawabup Boyolali Ambil Formulir Pendaftaran di Partai Gerindra

TMMD Sengkuyung di Desa Gunung Simo, Bupati Tekankan Semangat Kebersamaan

Berita Lainnya