Pend & Budaya

Tingkatkan Kinerja dan Profesionalisme Melayani Masyarakat Pendidikan, BBGP Jateng Canangkan ZI-WBK

Pend & Budaya

23 Mei 2023 22:28 WIB

Kepala BBGP Jateng, Darmadi mencanangkan ZI-WBK dalam acara Peringatan Hardiknas 2023 di kantor BBGP Jateng Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, Selasa (23/05/2023)

KARANGANYAR, solotrust.com - Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mencanangkan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK) dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pendidikan setempat. 
 
ZI-WBK dicanangkan di kantor BBGP Jateng Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Selasa (23/05/2023). Pencanangan ini merupakan rangkaian acara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023. 
 
Dalam rangkaian Hardiknas ini juga diluncurkan Jurnal BBGP Jateng berisi artikel ilmiah terpilih karya masyarakat pendidikan. Acara dirangkai pula dengan talkshow mengusung tema “Peran Pelajar Pancasila Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0”.
 
Di sela pembukaan acara, Kepala BBGP Jateng, Darmadi, menyampaikan rintisan ZI-WBK sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu dalam rangka pelayanan pendidikan ke masyarakat lebih baik.
 
"Dengan pencanangan ZI-WBK ini, kita berharap pelayanan BBGP Jateng terhadap masyarakat pendidikan di Jateng akan lebih baik. Menjadi wilayah kerja yang berintegritas, terintegritas, serta bebas korupsi," harapnya.
 
Darmadi menambahkan dengan peningkatan profesionalisme, manfaat keberadaan BBGP akan betul-betul dirasakan masyarakat pendidikan di Jateng.
 
"Dalam acara ini juga diluncurkan Jurnal BBGP Jateng. Peluncuran Jurnal BBGP Jateng juga salah satu upaya dalam memberikan layanan terbaik karena jurnal tersebut menjadi ruang bagi insan pendidikan untuk berbagi tentang pengalaman atau tugas kerjanya melalui tulisan," papar Darmadi.
 
Rencananya jurnal ini akan diterbitkan dua kali dalam setahun. Jurnal memuat 15 hingga 20 artikel terpilih dengan harapan bisa menjadi media penularan ilmu dalam upaya memperbaiki kualitas pendidikan.
 
Sementara acara talkshow pendidikan dengan tema "Peran Pelajar Pancasila Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0” diikuti sekira 300 undangan. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Pusat Penguatan Karakter Kemdikbudristek Dyah Mahesti Wijayani dan pemerhati pendidikan Nabila Ishma Nurhabibah.
 
Talkshow merupakan salah satu rangkaian acara peringatan Hardiknas 2023 setelah pada awal Mei lalu digelar Festival Pelajar Pancasila. 
 
Festival ini berupa lomba video kreatif untuk pelajar tingkat TK/PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK. Juara 1 Festival Pelajar Pancasila kategori TK/PAUD diraih pelajar TK Masehi Kudus. Sementara juara 2 disabet pelajar TK Bentara Wacana Magelang dan juara 3 disandang pelajar TK Tadika Puri Cendekia Semarang.
 
Adapun untuk kategori SD sebagai juara pertama SD 1 Kebumen, juara kedua SD 2 Kaleng Kebumen, dan juara ketiga SD Muhamadiyah 1 Surakarta. 
 
Kategori SMP, sebagai juara pertama SMP Satya Wacana 1 Salatiga, juara kedua SMP 1 Tayu Pati, dan juara ketiga SMP 8 Purwokerto Banyumas. 
 
Kategori SMA, juara 1 diperoleh SMA PGRI Kayen Pati, juara 2 SMAN Semarang, dan juara 3 SMAN Temanggung. 
 
Selanjutnya untuk kategori SLB sebagai juara 1 SLB-B Pawestri Karanganyar, juara 2 SLB Negeri Randu Blatung Blora, dan juara 3 SLB-C YPPALB Kota Magelang. (joe) 

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya