Hard News

Kakanwil Kemenkumham Jateng Ajak Jajarannya Mampu Bangun Organisasi

Jateng & DIY

2 November 2023 13:03 WIB

Kakanwil Kemenkumham Jateng saat menjadi pembina apel pagi, Kamis (02/11/2023). (Foto: Dok. Istimewa)

SEMARANG, solotrust.com - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah (Kakanwil Kemenkumham Jateng) Tejo Harwanto mengajak seluruh jajaran bertanya pada dirinya masing-masing soal apa yang telah diberikan kepada negara.

Hal itu disampaikan saat menjadi pembina apel pagi, Kamis (02/11/2023). Sebelumnya, Tejo Harwanto bercerita tentang tiga pejabat dengan usia dan kompetensi relatif sama menghadap ke dirinya meminta promosi jabatan.



"Satu nuntut untuk selayaknya jadi eselon 3 karena katanya rajin, sedangkan yang kedua bilang yang layak saya, tapi terserah bapak," kata Tejo Harwanto.

"Sementara yang ketiga diam saja karena katanya ilmunya belum banyak dan mau belajar di semua bidang," sambung dia.

Kakanwil lantas melakukan sedikit tes kepada mereka dengan meminta ketiganya menemui pengayuh becak di depan kantor.

"Orang yang pertama bilang tukang becak lagi tiduran di sebelahnya ada penjual gorengan. Orang kedua bilang sama juga, tukang becak tiduran, ada penjual gorengan pakai topi dan gorengannya ada pisang dan tahu," urainya.

Beda hal dengan pejabat ketiga dengan detail menceritakan setiap situasi yang ada di sana sampai dengan keadaan pengayuh becak tersebut.

Berdasarkan kisah fiksi ini, Tejo Harwanto mengajak peserta apel melihat mana orang yang mampu membangun organisasi.

"Saya akan memilih orang yang terakhir karena terlihat bisa memitigasi risiko," tegasnya.

"Jangan bertanya apa yang negara berikan kepada kita, tanyakanlah apa yang kamu berikan kepada negara," tutur kakanwil melanjutkan.

Terakhir sebelum menutup amanat pagi, pria yang pernah menjadi kalapas Ambarawa berpesan kepada seluruh pegawai untuk sama-sama menjaga marwah dan menghormati institusi yang menjadi tempat pengabdian.

"Mari kita sama-sama menghormati institusi yang menjadi tempat kita mengabdi," seru Tejo Harwanto.

"Jangan meminta sesuatu yang membuat saudara lemah, mintalah sesuatu yang membuat saudara lebih kuat lagi," tutupnya berpesan.

Kegiatan apel pagi diikuti pimti pratama, pejabat administrator dan pengawas, pejabat fungsional dan pelaksana serta PPNPN, dan mahasiswa magang di kantor wilayah.

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya