Selasa , 7 Juli 2020

Wabah COVID-19, Artis-artis K-Pop Ganti Konsep Acara Menjadi Online

8 Maret 2020 15:56 WIB


BTS saat menggelar konferensi pers global album "Map of the Soul: 7" via YouTube (Dok. Big Hit Entertainment)

Solotrust.com- Berdasarkan data Korea Centers for Disease Control and Prevention (KCDC) pada Jumat (7/3) pukul 7 malam waktu Korea Selatan, sudah ada 6.593 kasus COVID-19 di negara tersebut, dimana 43 orang dinyatakan meninggal dunia.

Wabah ini tak pelak membuat sejumlah acara seperti konser harus dibatalkan. Misalnya saja BTS yang membatalkan tur konser "Map of the Soul” di Korea Selatan yang semula akan dihelat 11,12,18 dan 19 April 2020 di Olympic Stadium, Jamsil.



Meskipun demikian sejumlah acara maupun pertunjukan tetap dilakukan, kendati dilakukan tanpa penonton dan tayang via online.

BTS yang semula dijadwalkan  menghelat konferensi pers global untuk rilisnya album "Map of the Soul:7" pada 21 Februari harus mengubah konsep acaranya menjadi siaran langsung via YouTube.

WINNER juga tampil secara langsung Februari lalu untuk 964.000 penggemarnya via siaran V Live, sebuah platform online dari portal internet Naver. Siaran itu menggantikan konser final mereka bertajuk "WINNER Cross Tour" di Singapura dan Korea Selatan, yang terpaksa dibatalkan karena wabah corona.

Terkait showcase bagi artis K-Pop yang comeback, konsepnya pun diubah menjadi online. Biasanya acara promosi itu dihadiri banyak penggemar, namun tidak bisa dilakukan saat ini karena dikhawatirkan terjadi penularan akibat massa yang berkerumun dalam satu tempat.

Misalnya ITZY, girlgroup ini akan menggelar comeback showcase secara online minggu depan untuk mini album baru mereka "IT'z ME".

Dua lagunya yakni "Wannabe" dan "24HRS" akan ditampilkan via internet pada Senin mendatang pukul 8 malam waktu setempat.

Hal yang sama juga terjadi pada NCT 127. Grup yang comeback dengan album baru "NCT #127 Neo Zone" pada 6 Maret itu menyapa penggemar via online sehari sebelumnya. Album dengan lagu utama "Kick IT" itu rilis di toko-toko musik online tanpa adanya acara promosi di tempat.

Showcase PENTAGON untuk album terbarunya "Universe: The Black Hall" yang semula dijadwalkan berlangsung pada 12 Februari juga harus diganti dengan showcase tanpa penonton langsung, yakni ditampilkan via siaran V Live. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com