Senin , 25 Mei 2020

Pemkab Sleman Siapkan 7 Hektar Lahan Pemakaman Khusus Covid-19

4 April 2020 12:15 WIB


Lokasi pemakaman khusus jenazah covid 19 di TPU Kebondalem Madurejo, Prambanan Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

SLEMAN, solotrust.com- Pemerintah Kabupaten Sleman menyediakan tujuh hektar tanah untuk digunakan sebagai lokasi pemakaman bagi jenazah covid 19. Tak hanya itu, petugas makam khusus bagi jenazah covid 19 pun juga telah disiapakan.

Lokasi pemakaman khusus yang disiapkan bagi jenazah covid 19 berada di TPU Kebondalem Madurejo, Prambanan Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).



Di area seluas tujuh hektar ini ada dua blok yang telah disiapkan Pemerintah Sleman, untuk pemakaman jenazah pasien korona. Petugas juga telah menyiapkan sekitar 27 lubang yang sewaktu waktu siap di gunakan. Langkah antisipasi ini dilakukan oleh Pemkab Sleman menyusul masih banyaknya stigma negatif masyarakat terhadap penderita covid-19.

“Kami mengantisipasi juga hal-hal yang kemungkinan akan terjadi apabila ada korban covid-19 yang tidak dapat dimakamkan di makam keluarga atau makam yang dikendaki oleh keluarga, jadi pemkab sleman telah menyediakan di pemakaman umum Madurejo.” Jelas Kabag Humas dan Protokol Pemkab Sleman, Shafitri Nurmala Dewi, Jumat (3/4/2020).

Tak hanya menyiapkan lahan pemakaman, Pemkab Sleman juga membentuk petugas tim pemulasaraan jenazah yang telah dilatih dan dibekali dengan kemampuan tatalaksana pemulasaraan jenazah, sesuai dengan prosedur protokol kesehatan dalam menangani jenazah akibat penyakit yang mudah menular.

Langkah persiapan pemakaman khusus korona ini karena berkaca dari pengalaman di daerah lain terkait adanya penolakan terhadap pemakaman jenazah penderita covid-19. (adam)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com