Rabu , 3 Juni 2020

Changmin TVXQ Puncaki Chart iTunes di Berbagai Negara dengan Chocolate

9 April 2020 04:05 WIB


Changmin TVXQ (Dok. SM Entertainment)


Solotrust.com - Choikang Changmin (Max Changmin) TVXQ merilis album solo Korea perdananya "Chocolate" pada 6 April 2020, dengan lagu utama berjudul sama. Dikabarkan SM Entertainment via siaran persnya (7/4), album itu berhasil memuncaki chart iTunes di berbagai negara.



Selain memuncaki chart musik besar di negaranya seperti Synnara Record, "Chocolate" juga menjadi nomor satu antara lain di Indonesia, Jepang, Vietnam, Sri Lanka, Kolombia, Peru, dan Chili. Rilis ini juga memuncaki chart QQ Music di Cina.

"Chocolate" adalah album solo perdana Changmin sejak debut pada 2003 sebagai anggota TVXQ. Artinya setelah 17 tahun berkarir di bidang musik, ini adalah debut solonya untuk sebuah album Korea.

Album yang terdiri dari 6 lagu termasuk "High Heels", "Piano", "No Tomorrow", "Me, Myself & I” dan "Lie" featuring Chungha ini menampilkan banyak genre.

“Chocolate” adalah lagu dance pop, sementara “No Tomorrow” adalah folk-rock. “High Heels” menampilkan nada yang groovy, sementara  “Me, Myself & I” serta “Piano" adalah track R&B.

Selain Changmin yang terlibat dalam pembuatan lagu "Chocolate" dan "No Tomorrow", album ini juga melibatkan sejumlah nama besar seperti Thomas Troelsen yang baru-baru ini bekerja dengan Dua Lipa dan Selena Gomez. Nama-nama besar lain seperti komposer Ian Kirkpatrick, Yoo Young Jin, dan Seo Ji Eum. 

Untuk informasi, Changmin sebelumnya pernah merilis lagu-lagu solo seperti "Confession" dan "Breath" serta mini album Jepang yakni "Close To You", namun ini adalah debut resmi solonya di Korea.

Karir Changmin dimulai pada tahun 2003 dengan debut sebagai anggota termuda TVXQ. Grup yang terkenal dengan sejumlah hit seperti "Mirotic", "Purple Line" dan "Love in The Ice" itu kehilangan tiga anggotanya yakni Jaejoong, Yoochun dan Junsu pada 2010. Kendati demikian TVXQ tetap  bertahan dengan dua anggota, yakni Changmin dan Yunho.

Meski hanya dengan dua personel, karir TVXQ tetap bersinar, terutama di Jepang. Bahkan per 2018, TVXQ menjadi artis Korsel terlaris di Jepang sampai saat ini, dengan total penjualan sebanyak 9.685.916 unit dengan nilai $417M USD (sekitar Rp6,06 triliun). "Chocolate" pun menempati peringkat pertama chart iTunes di Jepang, yang menunjukkan dukungan fansnya di sana. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com