Pend & Budaya

Sadar Penyelamatan Arsip, LP2MP3M ISI Surakarta Serahkan Arsip Statis

Pend & Budaya

26 Oktober 2022 17:35 WIB

LP2MP3M ISI Surakarta-menyerahkan arsip statis di lingkungannya kepada Unit Kearsipan I ISI Surakarta. (Foto: ISI Surakarta)

SOLO, solotrust.com - Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Pengembangan Pembelajaran, dan Penjaminan Mutu (LP2MP3M) ISI Surakarta-menyerahkan arsip statis di lingkungannya kepada Unit Kearsipan I ISI Surakarta.

Arsip diserahkan meliputi arsip penelitian dan pengabdian kepada masyarakat periode 1998 hingga 2018. Acara serah terima dilaksanakan pada Rabu (26/10/2022) di ruang rapat LP2MP3M, dihadiri ketua LP2MP3M, sekretaris LP2MP3M, kepala Biro Umum dan Keuangan, serta arsiparis Unit Kearsipan I dan Tim Pelaksana Akuisisi Arsip Statis LP2MP3M.



Penyerahan arsip statis LP2MP3M merupakan tindak lanjut monitoring keberadaan arsip yang memiliki potensi arsip statis di lingkungan ISI Surakarta berdasarkan Surat Kepala Biro Umum dan Keuangan ISI Surakarta Nomor 5881 /ITG.1/KA.03.02/2022 tentang Penyerahan Arsip Statis.

Acara ditandai dengan penyerahan secara simbolis arsip statis LP2MP3M dilanjutkan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Arsip Statis dilakukan ketua LP2MP3M selaku pencipta arsip dan kepala Biro Umum dan Keuangan selaku penanggung jawab Unit Kearsipan I.

Penyerahan arsip statis LP2MP3M merupakan peristiwa perdana dalam sejarah ISI Surakarta. Arsip statis diserahkan terdiri atas 304 judul Laporan Akhir Penelitian periode 1998 hingga 2018 dan 148 judul Laporan Pengabdian kepada Masyarakat periode 2000 hingga 2020.

Penyerahan arsip statis dilakukan setelah melewati beberapa tahapan mulai dari identifikasi arsip statis, pembuatan daftar arsip statis usul serah, penilaian arsip usul serah, dan penetapan arsip statis. Arsip statis yang sudah diserahkan kewenangan pengelolaannya dari LP2MP3M kepada Unit Kearsipan I.

Langkah lebih lanjut yang harus dilakukan adalah menyusun skema penataan dan indeks lokasi arsip statis, penataan dan penyimpanan arsip statis, pengolahan arsip statis menjadi informasi, penyusunan sarana temu kembali arsip statis dalam bentuk daftar arsip statis/guide arsip/inventaris arsip.

Akuisisi arsip statis merupakan upaya ISI Surakarta untuk menyelamatkan memori kolektif bangsa dan aset negara. Di samping itu, kegiatan ini merupakan pelaksanaan komitmen ISI Surakarta untuk menyelenggarakan pengelolaan arsip sesuai standar kearsipan nasional sebagai salah satu target kinerja dalam peta jalan reformasi birokrasi.

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya