Hard News

Jaga Hak Pilih, Bawaslu Kota Semarang Patroli Pengawasan

Sosial dan Politik

28 Februari 2023 23:41 WIB

Bawaslu Kota Semarang melakukan aksi simpatik di wilayah Semarang Utara dengan mendatangi rumah warga, Senin (27/02/2023). (Foto: Dok. Istimewa)

SEMARANG, solotrust.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Semarang menggelar apel patroli pengawasan kawal hak pilih di aula kantor setempat, Senin (27/02/2023). Apel patroli dilakukan bersama jajaran pimpinan, kepala sekretariat, staf, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan se-Kecamatan Semarang Utara.

Kegiatan dilanjutkan dengan aksi simpatik di wilayah Semarang Utara dengan mendatangi rumah penduduk, tempat usaha, pengemudi angkutan kota, pengemudi becak, dan kerumunan warga lainnya. Kegiatan ini untuk memastikan mereka sudah dicatat sebagai pemilih pada pemilihan umum (Pemilu) 2024, melakukan cek Daftar Pemilih Tetap (DPT) online dilanjutkan dengan memberikan stiker “Ayo Awasi Coklit Data Pemilih Pemilu 2024”.



Anggota Bawaslu Kota Semarang, Nining Susanti, mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk memastikan hak pilih warga masyarakat sudah terakomodasi dengan baik melalui cek DPT online.

"Selain itu kegiatan patroli juga sebagai ajang mendekatkan diri kepada masyarakat untuk berani melaporkan dugaan pelanggaran ke Bawaslu,“ tambahnya dalam siaran pers diterima solotrust.com.

Tak hanya itu, patroli pengawasan kawal hak pilih ini juga dilakukan dengan mendatangi beberapa pondok pesantren di Kecamatan Gunungpati.

“Salah satu fokus dalam patroli pengawasan memang mendatangi tempat-tempat yang diprediksi penghuninya berpotensi kehilangan hak pilih, seperti pondok pesantren, panti lanjut usia (Lansia), dan daerah relokasi,” terang Nining Susanti.

Patroli pengawasan kawal hak pilih ini akan rutin dilaksanakan Bawaslu Kota Semarang bersama jajaran sepekan dua kali selama tahapan pemutakhiran data pemilih, khususnya di tahapan pencocokan dan penelitian yang akan berakhir 14 Maret 2023.

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya