Rabu , 3 Juni 2020

8400 Rapid Test Corona Tiba di Jawa Tengah

28 Maret 2020 11:35 WIB


Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo cek rapid test yang telah tiba.

SEMARANG, solotrust.com- Alat tes cepat atau rapid test corona akhirnya tiba di Jawa Tengah. Sebanyak 8400 rapid test kini berada di gudang obat milik Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Tambak Aji, Ngaliyan, Kota Semarang.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang langsung mengecek keberadaan rapid test itu dan meminta agar alat segera didistribusikan. Gubernur memerintahkan secepatnya ribuan alat tersebut dikirim ke daerah-daerah dengan Orang Dalam Pengawasan (ODP) terbanyak.



Ganjar menegaskan, pengecekan menggunakan rapid test akan diprioritaskan kepada ODP, untuk itu masyarakat yang dalam kondisi sehat diminta tidak beramai-ramai mendatangi rumah sakit untuk melakukan rapid test.

“8.400 tapid test yang sudah kita terima hari ini, langsung akan kita sebarkan.” Jelas Ganjar, Jumat (27/3/2020).

Adapun metode yang akan digunakan adalah menjemput bola, yaitu petugas-petugas yang akan melakukan pengecekan menggunakan rapid test mendatangi rumah-rumah warga yang dinyatakan ODP.

Menurut Ganjar pengecekan menggunakan rapid test sangat cepat, ditargetkan setelah alat disebarkan dalam waktu sehari pengecekan bisa selesai, dan dapat di ketahui hasilnya.

Pembagian rapid test dilakukan ke daerah-daerah yang memiliki ODP melalui Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota masing-masing.

Sementara berdasarkan data monitoring covid-19 Jateng, data ODP terakhir di Jateng berjumlah 3.638 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 294 orang, positif covid-19 sebanyak 40 orang dan enam orang di antaranya meninggal dunia. (vit)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com