Kamis , 28 Januari 2021

6 Grup K-Pop Ini Masuk Daftar Selebriti Paling Berpengaruh di Medsos Versi Forbes

18 Desember 2020 08:21 WIB


Red Velvet, salah satu grup K-Pop yang masuk daftar selebriti paling berpengaruh di media sosial versi Forbes (Sumber gambar: @redvelvet.smtown)

Solotrust.com - Forbes Asia baru-baru ini merilis daftar 100 selebriti yang paling berpengaruh di media sosial (Medsos) di region Asia-Pasifik. Selebriti dalam daftar ini meliputi penyanyi, grup, pemain film, dan bintang TV.

"Dengan kehadiran mereka yang kuat di media sosial, para pelopor ini telah mengumpulkan jutaan pengikut setia di seluruh platform populer, menjadikan mereka terkenal secara online seperti saat mereka di panggung dan layar," tulis Forbes.



Forbes juga menyoroti situasi dimana orang-orang banyak yang mengisolasi dirinya di rumah karena situasi Covid, sehingga mengandalkan layar gadget untuk komunikasi dan hiburan. Forbes pun fokus pada selebriti yang meski membatalkan aktivitas fisiknya namun tetap aktif dan relevan dalam berinteraksi dengan fansnya di media sosial.

"Kami telah memberikan fokus khusus kepada selebritas yang meskipun telah membatalkan acara dan aktivitas fisik, berhasil tetap aktif dan relevan, sebagian besar dengan menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan penggemar, meningkatkan kesadaran, dan menginspirasi optimisme. Banyak juga yang menggunakan pengaruhnya untuk membantu tujuan yang bermanfaat, terutama yang memiliki fokus terhadap Covid-19," tulis Forbes.

Dari dunia K-Pop, ada 6 grup yang masuk dalam daftar, yakni BTS, BLACKPINK, EXO, TWICE, Red Velvet, dan SEVENTEEN.

Dalam reviewnya untuk BTS, Forbes menyoroti sejumlah capaian grup itu, yakni menempati peringkat ke-47 dalam daftar Celebrity 100 tahun ini, dengan menghasilkan $50 juta. Tahun lalu grup itu menghasilkan $170 juta, lebih besar dari grup manapun di AS selain Metallica.

Tentang karir musiknya, grup ini berhasil mendaratkan 4 albumnya di puncak Billboard 200 kurang dari dua tahun, yangmana hanya The Beatles grup lain yang bisa melakukannya sejauh ini, yakni pada tahun 1968.

Di Billboard HOT 100, Oktober lalu BTS juga menjadi grup pertama sejak Black Eyed Peas pada 2009 yang dua lagunya berada di posisi puncak dan runner up. Video musik (MV) "Dynamite" juga mencetak sejarah di YouTube sebagai MV pertama yang meraih lebih dari 100 juta kali penayangan dalam 24 jam pertamanya sejak dirilis.

Grup lain yang masuk daftar adalah BLACKPINK. Forbes menyoroti keempat anggota grup itu, yakni Lisa (23), Jennie (24), Rosé (23), dan Jisoo (25) yang merupakan selebriti Korea yang paling banyak diikuti di Instagram.

Forbes juga menulis bahwa keempat anggotanya menjadi brand ambassador global untuk produk fashion, yangmana Lisa untuk Celine, Jennie untuk Chanel, Jisoo untuk Dior, dan Rosé untuk Saint Laurent. Oktober lalu, BLACKPINK juga menjadi girlgroup pertama yang memuncaki chart Artist 100 di Billboard.

Grup selanjutnya adalah TWICE. Dalam reviewnya, Forbes menulis bahwa girlgroup beranggotakan sembilan orang ini memiliki 15 juta pengikut Instagram. Awal tahun ini, mereka memenangkan kategori musik di U.S. Shorty Awards untuk media sosial. Pada bulan Juni, singlenya "More & More" memperoleh lebih dari 200 juta penayangan di YouTube.

EXO menjadi boygroup K-Pop lain yang masuk daftar. Forbes menyoroti tiga anggotanya Baekhyun (28), Chanyeol (28), dan Sehun (26) yang masuk 10 besar selebriti Korea yang paling banyak diikuti di Instagram. Dari sisi musik, lagu utama dari album "Obsession" memuncaki daftar 25 lagu K-Pop terbaik versi Billboard tahun 2019.

Girlgroup lain yang masuk daftar adalah Red Velvet. Dalam reviewnya, Forbes menyoroti single "Psycho" yang telah ditonton hingga 200 juta kali di YouTube, yang membuat mereka masuk nominasi untuk MV K-Pop terbaik di MTV Video Music Awards (VMA). Single "Monster" dari dua anggotanya yakni Irene dan Seulgi juga telah mendapat 70 juta kali penayangan.

SEVENTEEN menjadi grup lain yang masuk daftar. Dalam reviewnya, Forbes menyoroti capaian mereka yang berhasil menjual lebih dari 1 juta kopi untuk dua albumnya yang rilis tahun ini, yakni "Heng:garæ" pada Juni lalu dan "Semicolon" pada bulan Oktober. 

"Terlepas dari namanya, grup ini memiliki tiga belas anggota, semuanya berusia antara 21 dan 25 tahun. Tahun lalu, SEVENTEEN menduduki peringkat No. 6 di tangga lagu Social 50 Billboard, tepat setelah Billie Eilish," tambah Forbes. (Lin)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com