Jumat , 10 Juli 2020

APD Langka, RSUD dr. Moewardi Solo Bikin Baju Pelindung Sendiri

24 Maret 2020 12:03 WIB


Direktur RSUD dr. Moewardi Cahyono Hadi menunjukkan APD yang dibuat sendiri.


SOLO, solotrust.com- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Moewardi Surakarta memiliki inovasi untuk mengatasi minimnya alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis untuk menangani pasien corona (covid-19), dengan memproduksi sendiri APD untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit, namun tetap menerapkan standar yang telah disesuaikan.  



Direktur RSUD dr. Moewardi Cahyono Hadi menyampaikan pihaknya mampu memproduksi 200-250 APD menggunakan bahan standar pabrikan, yakni polypropylene spundbound bagi tenaga medis yang merawat pasien covid-19. Inovasi tersebut dilatarbelakangi sulitnya mencari APD di pabrikan.  

Dalam pembuatannya, RSUD dr. Moewardi menggandeng penjahit - penjahit lokal dengan menerapkan standar dan prosedur keamanan, seperti para penjahit dipastikan sehat, bersih, dan cuci tangan. RSUD dr. Moewardi mempersilakan seluruh rumah sakit di Jawa Tengah untuk berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jateng apabila membutuhkan APD. 

“Dari Moewardi itu mengakalai bagaimana kita bisa mandiri dan tidak bergantung dan kita bisa membuat suatu bahan APD yang sesuai dengan standar tapi murah.” Jelas Cahyono Hadi. (daw)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com